• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

KPK VS Banggar DPR

3 October
08:15 2011
1 Votes (5)

Jakarta : Kondisi penegakan hukum, khususnya kasus korupsi di negeri ini, agaknya semakin membingungkan publik. Kini bukan lagi para pelaku korupsi yang bermasalah, tetapi unsur lembaga negara juga saling menunjukan arogansinya di negeri ini.

Pada tanggal 28 september lalu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil dua unsur pimpinan Badan Anggaran (Banggar) DPR, yakni Wakil Ketua Banggar Tamsil Linrung dan Olly Dondokantbey untuk diperiksa sebagai saksi terkait penyidikan dalam kasus suap program percepatan pembangunan daerah infrastruktur daerah transmigrasi di Kementrian Transmigrasi. Dua pimpinan Banggar DPR itu tidak hadir dengan alasan pihaknya tidak perlu hadir, sebab yang dibutuhkan oleh KPK hanyalah masalah dokumen, sehingga Banggar tidak harus hadir atau datang, cukup mengirimkan dokumen saja.

Belum ada kejelasan dalam persoalan itu, kemudian pimpinan DPR memanggil KPK pada rapat konsultasi pada tanggal 29 September 2011. Dan pada saat itu KPK yang tidak hadir, dengan alasan KPK khawatirkan adanya intervensi lembaga DPR, terkait pemeriksaan sejumlah pimpinan Banggar DPR. Meski tanpa kehadiran KPK dalam rapat konsultasi itu, yang juga dihadiri Jaksa Agung Basri Arif, Kapolri Timur Pradopo, dan Ketua DPR Marzuki Alie sepakat memanggil kembali KPK dalam pertemuan konsultasi dengan DPR yang dijadwalkan hari ini.

Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah mengapa harus ada rapat konsultasi antar DPR dengan lembaga penegak hukum, bukankah KPK dan DPR memiliki fungsi dan peranan yang berbeda. Apakah benar dalam pertemuan konsultasi itu ada agenda-agenda khusus terkait kasus korupsi yang diindikasikan melibatkan sejumlah Badan Anggaran DPR dalam kasus korupsi yang terjadi di Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. (DS/YP)

Dengar Komentar RRI selengkapnya :

Tentang Penulis

Hugo Lidero

No description yet...

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00