• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Jalan Terjal Polisi, Memastikan Dia Lelaki atau Perempuan

13 February
06:29 2020
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Selamat pagi Indonesia. Kasihan polisi, sudah bekerja keras menangkap LL karena kasus narkoba, masih disibukkan lagi mengajukan penetapan pengadilan untuk menentukan jenis kelamin LL.

Secara fisik, selebgram atau serupa artis, LL tampak layaknya perempuan, namun tatkala dicek identitasnya pada paspor yang bersangkutan ternyata status jenis kelaminnya adalah laki-laki.

Namun menjadi makin aneh juga ternyata, ketika KTP dicocokkan, LL menggunakan identitas jenis kelamin Perempuan. Kondisi inilah yang membuat polisi bingung, yakni akan memasukkan artis selebgram LL ke dalam ruang tahanan laki-laki atau ruang tahanan perempuan.

Polisi khawatir, bila ditempatkan dalam ruang tahanan Laki Laki yang bersangkutan akan mendapat masalah dari sesama tersangka laki-laki lainnya. Sedangkan bila ditempatkan di ruang tahanan perempuan, polisi khawatir para penghuni ruang tahanan perempuan akan khawatir karena ada seorang laki-laki di dalam ruang tahanan mereka.

Perbedaan identitas jenis kelamin itu diungkapkan Kabid Humas Polda Matro Jaya, Komisaris Besar polisi Yusri Yunus. Sedangkan Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Zudan Arif Fakhrullah menyebut nama asli LL sebenarnya pada awal adalah Muhammad Fattah, lalu berubah menjadi Alyuna Putri.

Inilah dampak kelakuan selebgram LL alias Muhammad Fattah alias Alyuna Putri, sudah bikin masalah dan ditangkap karena kasus narkoba, lalu bikin bingung polisi. Karena itu, ini pelajaran bagi semuanya, jenis kelamin dan identitas itu harus sama.

Bila identitas di KTP atau Paspor atau SIM laki-laki, secara fisik juga harus pria. Demikian sebaliknya, bila identitas perempuan ya fisiknya perempuan. Belum lagi bila suatu saat meninggal kelak, pasti akan bingung bakal diperlakukan sebagai jenazah lelaki atau perempuan. Demikian komentar. Selamat pagi.

Oleh : Widhie Kurniawan/Redaktur Senior RRI
Foto : Ant/Dhemas Reviyanto

Tentang Penulis

Miechell Octovy Koagouw

Miechell Octovy Koagouw Editor RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00