• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Penyebaran Corona Semakin Cepat, Indonesia Harus Waspada

27 January
07:45 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Kita bersyukur bahwa satu suspect terkena virus Corono yang dirawat di RS Sulianti Saroso negatif. Demikian juga yang ada di Bali. Namun bagaimanapun, kesiapsiagaan itu penting.

Virus Corona menyebar dengan cepat dan suspect terdekat sudah berada di Singapura. Diketahui bahwa Warga yang terkena Virus Corona dikaitkan dengan interaksi dengan warga Tionghoa yang pernah berkunjung ke China atau sebaliknya, mereka berinteraksi dengan warga China yang datang ke suatu negara. Provinsi paling rawan di China adalah Hubei dengan kota utamamya Wuhan. 56 orang dilaporkan sudah meninggal.

Bagi Indonesia, kewaspadaan ini sangat penting, sebab interaksi masyarakat Indonesia dengan orang Tionghoa sangat dekat dan sering. Banyak orang Indonesia ke China. Ada juga mahasiswa Indonesia yang sekolah di China. Seperti di Wuhan saja, ada 12 mahasiswa Indonesia yang diisolasi karena khawatir terjangkit penyakit tersebut. Di indonesia saja, banyak orang Tiongkok berdatangan. Mulai turis, pekerja hingga pengusaha.

Karena itu penjelasan kementerian kesehatan soal virus corona ini penting dilakukan secara simultan. Sudah tepat, menempatkan Thermal Monitor di tiap Bandara Internasional, akan tetapi penjelasan secara detail dan terinci kepada masyarakat juga perlu.

Umumnya, informasi mengenai virus Corona yang disampaikan kementerian kesehatan masih umum dan lebih pada upaya innstansinya mengantisipasi virus tersebut. Harusnya, ada penjelasan lebih konkret dan detail dari virus tersebut secara terus menerus. 

Pemerintah memang harus ekstra hati-hati. Kita tidak tahu seberapa berbahaya dan parahnya penyakit akibat virus corona, akan tetapi nyatanya virus tersebut berasal dari Wuhan, Hubei, China sejumlah negara sudah mulai membatasi interaksi warganya dengan orang China. Maskapai Air Asia membatalkan seluruh penerbangan ke Wuhan. Bagaimana dengan Maskapai Indonesia yang ke China.

Lalu bagaimana dengan turis tiongkok yang sedang ramai ke Indonesia. Lalu, bagaiamana dengan pekerja Tiongkok yang datang ke Indonesia. Ini perlu diwaspadai, tapi jangan membuat panik. Bagaimanapun Indonesia masih memiliki aspek diluar kesehatan yang sangat banyak dengan warga Tiongkok. Ini tidak dapat dipungkiri. Ini yang perlu juga diantisipasi, karena efeknya juga sangat besar.

Penulis  :  Widhie Kurniawan, Pimred Pusat Pemberitaan 

Tentang Penulis

Mosita Dwi Septiasputri

Mositadwis@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00