• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia

9 December
07:34 2019

KBRN, Jakarta : Orang Indonesia ternyata masih dianggap Korup. Tidak semua korup tentunya, tetapi persepsi terhadap negara Indonesia secara keseluruhan tidak bagus.

Indeks Persepsi Korupsi Indonesia masih sangat jauh dari kata bersih. Dalam rilis tahun 2019, Indonesia berada pada posisi 89 dengan poin 38. Padahal Malaysia saja sudah 47 poin.

Di tingkat ASEAN, paling bagus adalah Singapura, Brunei Darussalam, lalu Malaysia, lalu Indonesia.

Pada peringatan hari anti korupsi sedunia, hari ini, harusnya kita prihatin. Namun sayangnya, aksi OTT oleh KPK, sosialisasi anti korupsi, dan beragam upaya lain, hasilnya minim. Sehingga wajar bila banyak pihak mempertanyakan peran lembaga anti rasuah semacam KPK.

Ada baiknya, persoalan anti korupsi dilakukan tidak dengan upaya kuratif semata, tetapi pada upaya perubahan mindset.

Selama ini, korupsi lebih ditunjukkan pada kegiatan pengambilan uang negara dan gratifikasi.

Padahal sesungguhnya, korupsi di tengah masyarakat itu luas.

Apa yang dilakukan sejumlah oknum Garuda Indonesia dengan membawa motor Harley davidson dan sepeda Brompton, harusnya juga dianggap korupsi, karena dibawa menggunakan fasilitas negara, padahal untuk kepentingan pribadi.

Ketika direksi Garuda ada dikabarkan membawa Istri di dalam pesawat baru tersebut, harusnya juga dianggap korupsi, karena menumpang pesawat tidak untuk peruntukannya.

Ketika juga ada pengawai kantor diminta membeli barang dan menambahkan harganya, maka itu juga adalah korupsi.

Tatkala ada polisi terima uang dari pelanggar lalulintas agar tidak ditilang, maka itu juga adalah korupsi.

Ketika ada seorang pejabat negara pergi ke suatu tenpat untuk urusan pribadi namun mendapat fasilitas instansinya dengan suatu dalih tertentu, itu juga korupsi.

Bisa jadi, rendahnya persepsi korupsi di Indonesia, akibat kesalahan pemahaman yang tidak tuntas dan detail.

Kata Korupsi sejatinya tidak perlu lagi diutamakan, tetapi perbuatan koruplah yang harusnya banyak ditunjukkan agar masyarakat paham bahwa apa yang dilakukan ternyata bagian dari perilaku korupsi.

Indonesia harus lebih bagus. Kita malu, sebagai bangsa yang punya Pancasila, tapi Indeks Korupsinya rendah. Demikian komentar.

Tentang Penulis

Afrizal Aziz

Redaktur Pro 3 RRI

00:00:00 / 00:00:00