• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Sejumlah BUMN Terancam Bangkrut

3 December
06:58 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Agak miris juga mendengar nasib sejumlah Badan Usaha Mlik Negara yang terancam bangkrut.

Kita tidak sangka misalnya, perusahaan besar semacam PT Dirgantara Indonesia yang fokusnya pada industri penerbangan, ternyata score Kinerjanya memprihatinkan. Ada juga PT Koja Bahari , PT PAL dan PT Industri perkapalan persero. Nasibnya serupa. PT INKA pun demikian.

Dalam industri pertanian, PTPN III, lalu PT Sang Hyang Sri, serta juga Perum Bulog. Harus diwaapadai kinerja keuangannya. 
Itu hanya sebagian. Belum lagi BUMN lainnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menggambarkan kondisi perusahaan tersebut (2/12/2019) di hadapan komisi XI DPR RI.

Ada penilaian yang disebut Z-score dengan nilai minimal 2.9, Ini jelas memprihatinkan. lebih memprihatinkannya lagi, kabarnya ada sejumlah bos BUMN tersebut tetap menikmati berbagai fasilitas sebagai pimpinan perusahaan, kendati BUMN yang dipimpinnya terancam Bangkrut.

Sejatinya semua harus prihatin dulu. Bagaimana mungkin harapan Presiden Joko Widodo untuk menjadikan BUMN berklas dunia, bila bermain di level lokal saja sudah terengah-engah.

Ada baiknya, BUMN yang ada dikaji ulang. Banyak BUMN mrnjalankan tugas yang sesungguhnyya sudah dapat dilakukan pihak swasta, dan pihak swasta ternyata lebih sehat, karena itu, benah-benah BUMN perlu dilakukan segera.

Bila orang seperti ahok layak membenahi BUMN dalam posisi konisaris, maka carilah 100 Ahok yang lain. Jangan juga terjadi, ingin beres-beres BUMN namun ada Komisarisnya sekedar bagi-bagi jabatan para pendukung politiknya. Ini juga yang perlu disoroti.  Demikian komentar. 

Tentang Penulis

Afrizal Aziz

Redaktur Pro 3 RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00