• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Pengadilan Tipikor Vonis Bebas Sofyan Basir

5 November
18:52 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Publik agak terperanjat ketika kemarin Hakim Hariono yang memimpin sidang putusan Kasus Korupsi memutus terdakwa Sofyan Basir tidak bersalah dan akhirnya divonis bebas. Sofyan Basir sendiri sontak menengadahkan tangan bersyukur atas vonis bebas tersebut.

Apapapun kata orang, kita beri selamat kepada Ketua Majlis Hakim dan hakim Tipikor karena telah memutus dengan berbagai referensi dan nuraninya. Bagi pengadilan Tipikor ini catatan penting, karena sangat jarang ada putusan kasus Korupsi dapat bebas. Apalagi saat ini KPK sedang berada di bawah rezim Undang-Undang Revisi atas Undang-undang KPK lama.

Tidak ada kaitannya tentu antara Kasus Mantan Direktur Utama PLN Sofyan Basir dengan revisi UU KPK, karena kasus korupsi terkait pembangunan pembangkit tenaga uap mulut tambang Riau, sudah terjadi sejak Juli lalu. Isu pelemahan KPK dengan adanya vonis bagi Sofyan Basir ini juga kurang kuat, sebab tidak ada bukti ke arah sana.

Kendati demikian jaksa KPK masih pikir-pikir, setidaknya harus dipikir serius. Bagi KPK sendiri, ini memang masalah serius, karena sangat jarang ada yang lolos dari jerat hukum KPK.

Tanpa menyalahkan pihak lain, perlu juga KPK introspeksi diri, apakah segala tuntutan sudah sesuai prosedur atau tidak. Ini memang aneh kata bebeapa pihak, sebab nama Sofyan Basir sering disebut oleh terdakwa lainnnya namun Sofyan dapat bebas. Apapun kata orang, faktanya Mantan Dirut PLN tersebut memang dapat bebas.

Sekali lagi selamat untuk Ketua Pengadilan Tipikor Hariono dan jajaran majelis Hakim yang telah memutus bebas Sofyan Basir. Hanya mereka dan Yang Maha Kuasa lah yang tahu apa nurani mereka sebenarnya.

Tentang Penulis

Widhie Kurniawan

Kapuspem RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00