• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Polemik Mobil Esemka Yang Diisyukan Mobil Produk Tiongkok

9 September
20:37 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Kalau tidak nyinyir mungkin tidak enak rasanya, saat ada satu inovasi dan kreasi baru ditampilkan ke publik.  

Produk Mobil Esemka adalah salah satunya. Padahal Mobil Esemka jenis Pick Up yang diluncurkan Presiden Joko Widodo hari Jumat lalu, digadang-gadang sebagai karya anak bangsa. Bahkan Presiden Joko Widodo dengan bangganya menyebut bahwa Mobil Esemka produk PT Solo Manufaktur Kreasi dirakit oleh lulusan SMK di tanah air.  

Namun kalangan netizen di negeri ini sepertinya memiliki keinginan tahu sangat tinggi. Maka viral lah mobil yang mirip dengan Esemka Bima, dengan merek Changan Star Truk, buatan China. Dijual di alibaba.com. sekitar 92 juta rupiah kalau dikurskan.  

Memang dari segala tampilan luar dan dalam mirip. Lantas, apa yang perlu dikatakan terkait Mobil Esemka yang bikin Presiden Joko Widodo bangga? 
 

Pemilik Solo Manufaktur Kreasi  Eiddy Wiradjaja sendiri sudah menyatakan bahwa Mobil Esemka bukan Mobil Nasional.
 

Dari sini ada baiknya mengutip seorang pengamat otomotif Ridwan Hanif. Menurut Ridwan, persoalan mobil esemka adalah persoalan komunikasi dan transparan. Di sini ucapan Ridwan Hanif benar.
 

Jadi, seandainya Mobil Esemka ini memang serupa dari Changan Light Truck China, maka dinyatakan saja bahwa Produk Mobil Esemka ini memang dapat lisensi. Kandungan lokalnya sekian persen dan impornya sekian persen.
 

Adalah wajar di manapun industri saling berkolaborasi. Namun harus transparan. Sebab ini perlu trust atau kepercayaan. Bahkan. Kalau dibanding-banding mobil nasional jaman Pak Harto, mereka lebih transparan, yakni menyebut Mobil Timor kerjasama dengan KIA dan Bimantara dengan Hyundai Korea.
 

Karena itu, pabrik Mobil Esemka perlu jujur dan transparan saja. Ini asli Indonesia atau bikinan pabrik mobil di China. Cukup, sehingga tidak ada polemik lagi. Lalu publik tinggal pilih, mau beli mobil yang mana. Nah, setelahnya, kita dukung segala hal yang inovatif dan kreatif, termasuk produksi mobil Esemka ini. Setidaknya,  merek mobil ini adalah merek asli indonesia.

Tentang Penulis

Widhie Kurniawan

Kapuspem RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00