• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Tahap Uji Coba Genap Ganjil Diprotes Sejumlah Pihak, Terutama Taksi Online

14 August
10:01 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Segala kebijakan baru pasti tidak membuat nyaman sebagian orang, dan membuat nyaman sebagian lainnya. Pilihannya adalah, apakah hidup di Jakarta akan terus menderita dengan segala polusi udara dan kemacetannya yang bikin sesak dan kesal, atau akan coba mengurai satu persatu.

Kebijakan perluasan dan perpanjangan waktu berkendaraan bermotor roda empat Ganjil Genap, sudah pasti tidak membuat semua orang nyaman. Para pemilik kendaraan pribadi akan beralih ke sepeda motor atau naik angkutan umum.

Para pejabat dan pegawai pemerintah tetap nyaman karena diperkecualikan, termasuk bersama kendaraan plat kuning angkutan umum dan taksi resmi. Yang paling bahagia adalah pengguna sepeda motor karena tidak tersentuh aturan baru apapun.

Sedangkan taksi online, mobil rental, dan sejenisnya, harus menanggung beban karena platnya tetap hitam dan terbatas area operasinya. Taksi Online, semacam Grab Car atau Go Car dan rental pribadi, adalah kendaraan pribadi yang dikomersialkan.

Dalam UU nomor 22 tahun 2009, semua yang berbayar masuk dalam kategori angkutan umum atau kendaraan umum. Kemudian dijelaskan, dalam Peraturan Kapolri nomor 5 tahun 2012 pasal 39 disebutkan bahwa kendaraan umum berplat kuning tulisan hitam.

Kendaraan umum harus dicek segala berkala. Artinya, kalau kendaraan Taksi Online keberatan dengan aturan ganjil genap, maka gampang solusinya. Rubah saja plat nomornya jadi plat kuning dan warna hitam. Cukup.

Dengan perubahan status itu, Aparat Polantas juga akan memberi kesempatan pemilik taksi online atau dalam jaringan untuk tidak ditilang. Saatnya mengarahkan taksi online menggunakan plat kuning angka dan huruf hitam.

Peraturan Ganjil Genap tetap dilaksanakan, dan taksi online tetap dapat beroperasi dengan plat kuning. mudah dan jelas. Para penumpang pun akan juga dapat jaminan asuransi bila kendaraan umumnya berplat kuning. Tidak perlu kode khusus untuk taksi online beroperasi, cukup plat kuning.

Tentang Penulis

Widhie Kurniawan

Kapuspem RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00