• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Kerja PNS Tanpa Hadir di Kantor

13 August
11:47 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Cukup menarik juga bagi Aparatur Sipil Negara mendapat kesempatan bekerja di rumah atau di tempat lain yang bukan di kantor. Gagasan ini benar dan menyegarkan, sebab pasti akan meningkatkan efektifitas dan efisiensi.

Bekerja di rumah adalah ide dari kisah PNS Australia, kata Setiawan wangsaatmaja, Diputy bidang SDM Aparatur KemenPAN RB. Kendati belum menunjukkan hal detail dan regulasi serta mekanisme posisi yang akan disiapkan, namun bagi ASN memang potensi tidak hadir di kantor.

Sistem kerja memang perlu dibangun dan menggunakan indikator lebih jelas. Ini potensi bagus. Bagi negara, sangat efisien dan penting.

Hal penting Lainnya, bagi PNS atau ASN termasuk pelaku yang paling sering mengadakan rapat. Mulai rapat di kantor, rapat luar jam kantor, rapat luar kantor, rapat dinas, rapat kerja, koordinasi dan rapat luar kota. Bila ASN bekerja di rumah, maka tidak perlu lagi rapat semacam itu. Rapatnya cukup online.

Dapat dibayangkan, tidak ada lagi ASN atau PNS yang pergi pulang luar kota dengan SPPD, tidak perlu biaya hotel apalagi uang harian.

Memang KemenPAN RB cerdas dalam berpikir. Di samping itu, secara harian, ketidakhadiran PNS atau ASN di kantor dan bekerja di rumah juga dapat menghemat uang negara. Pengeluaran listrik turun, tidak perlu pakai AC, tidak perlu pakai Lift dan tidak banyak yang pakai Toilet. Semua cukup di rumah masing-masing.

Dan terakhir, bila sistem online digital 4.0 makin bagus, maka jumlah ASN pun dapat dikurangi. Jumlah PNS dapat diciutkan, agar negara lebih efektif dan efisien, lalu mrnggantikannya dengan sistrm digital mrnjadi ASN Digital.

Sukses untuk KemenPAN RB.

Tentang Penulis

Widhie Kurniawan

Kapuspem RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00