• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Tuntutan Ganti Rugi Kepada PLN Atas Block Out

7 August
14:58 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Sejumlah pihak sudah menyatakan akan melakukan gugatan massal atau class action terhadap Perusahaan Listrik Negara,  PLN sebagai dampak block out  beberapa hari lalu.

Pihak PLN pun akan melakukan pemberian kompensasi atas gugatan tersebut, namun Kompensasi apa yang akan diberikan dan dari mana sumber anggarannya belum jelas.  Ada kemungkinan kompensasi berupa pemotongan tagihan listrik pada bulan tersebut. Sementara sumber anggarannya, menurut kabar diperoleh dari pemotongan gaji karyawan PLN.

Ada 22 juta pelanggan PLN yang terdampak dan rencana kompensasi sebesar 865 miliar rupiah, hanya saja,  dasar kompensasi yang diberikan masih mengacu pada Peraturan Menteri ESDM nonor 27 tahun 2017 dan revisinya.

Dalam peraturan menteri tersebut tidak ada penjelasan detail soal kompensasi. Padahal,  dampak block out PLN ahad lalu sangat luas.
 Dampak sosial dan ekonomi cukup besar, misalnya,  ada Ikan KOI seharga 12 juta mati,  atau orang gagal transaksi akibat aplikasi online tidak berfungsi, atau kemacetan luar biasa mengakibatkan borosnya BBM karena lampu traffic light mati.

Apakah itu juga masuk kompensasi? Ini hal serius. Karena itu, kita dukung langkah hukum yang dilakukan sejumlah pihak untuk menggugat PLN.

Ganti rugi tidak cukup hanya berdasar Peraturan Menteri. Biar kemudian pengadilan yang memutuskan.

PLN harus menerima dan bertanggung jawab atas semua ini. Investigasi kelalaian manajemen juga penting untuk dilakukan agar PLN tidak lalai.



Tentang Penulis

Widhie Kurniawan

Kapuspem RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00