• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Ngerinya Bila Listrik PLN Padam Berhari-Hari

5 August
13:23 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Pertama kali saat sebagian Kota Jakarta kembali dialiri aliran listrik PLN,  maka kata Alhamdulillah itu langsung meluncur dan warga bergegas menyalakan mesin pompa air mereka untuk mengisi bak atau toren masing-masing.

Dampak paling signifikan di kalangan warga masyarakat adalah ketersediaan air untuk berbagai keperluan rumah tangga.

Kalau soal lampu penerangan mati,  sebagian warga masih punya alternatifnya., seperti lilin,  lampu emergency dan senter.

Kemarin hingga tadi malam dan sebagian pagi ini,  listrik padam lebih dari 8 jam,  dan seandainya listrik PLN padam lebih dari satu hari,  maka dapat dibayangkan penderitaan masyarakat saat itu.

Padamnya aliran listrik PLN kemarin berdampak sangat luas. Yang terasa memang di rumah warga. 
Namun, matinya lampu pengatur lalu lintas juga tidak dapat diabaikan.

Kemacetan parah terjadi pada sejumlah titik. Belum lagi pengendara kendaraan yang kehabisan BBM, karena peralatan Galon SPBU tidak berfungsi, juga jaringan telekomunikaai putus atau tersendat, kemudian usaha kecil yang mengandalkan listrik.

Dan yang turut memprihatinkan adalah berhentinya seluruh jaringan KRL di Jabodetabek serta sebagian warga penumpang MRT yang berhenti di lajur layang atas dan lajur bawah tanah. Evakuasinya tidak mudah,  walau semuanya selamat.

Tidak jelas penyebab listrik PLN padam kemarin,  sebab penjelasannya hanya sepotong-sepotong.

PLN tentu harus memberi penjelasan detil dan bila perlu melalukan investigasi kejadian kemarin.

Ketergantungan masyarakat terhadap listrik sudah amat sangat tinggi. Pada satu sisi,  ini menunjukkan adanya pemanfaatan energi ramah lingkungan. Akan tetapi,  di sini juga menunjukkan adanya kelemahan penggunaan listrik secara  luas,  yakni potensi tantangan katahanan energi.
Ada problem besar di sini.

Seandainya ada pihak-pihak tententu yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan situasi demikian, maka dapat dibayangkan kekacauan yang terjadi di tengah masyarakat. Harus ada penanganan khusus atas hal ini.

Tentang Penulis

Widhie Kurniawan

Kapuspem RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00