• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Nasib Mereka Tak Lolos SBMPTN

10 July
21:31 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Panitia Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 telah mengumumkan hasil seleksi dan telah meloloskan sebanyak 168.742 calon mahasiswa yang diterima di berbagai Perguruan Tinggi Negeri di seluruh Indonesia. Jumlah tersebut terbagi dalam 3 kelompok bidang akademik. Seintek sebanyak 360.329 pendaftar 345.896 sosial humaniora dan program campuran sebanyak 8.427 pendaftar yang dinyatakan lolos seleksi.

Jika mencermati jumlah pendaftar SBMPTN tahun ini masih ada sebanyak 545.910 pendaftar yang belum dapat diterima di Perguruan Tinggi (PT) Negeri. Pertanyaannya bagaimana nasib mereka apakah harus menunggu kesempatan tahun berikutnya atau mencari alternatif lain mendaftar masuk ke perguruan Swasta.

Selama ini Perguruan Tinggi Negeri memang sangat diidamkan-idamkan oleh siapapun yang ingin melanjutkan kuliah karena di perguruan tinggi selain biaya murah kualitasnya terjaga dan banyak kemudahan dan fasilitas bantuan dari pemerintah namun jumlah mahasiswa yang diterima sangat terbatas.

Sebaliknya PT Swasta untuk sebagian orang masih ada yang memandang sebelah mata  terhadap kualitas lulusannya, apalagi biaya yang harus dikeluarkan memang jauh lebih besar terutama PT Swasta yang sudah memiliki prestasi dan reputasi baik.

Di zaman sekarang ini kondisi seperti sudah tidak perlu lagi diperdebatkan artinya kualitas Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta sesungguhnya sangat bergantung siswa itu sendiri dalam pengembangan dirinya, sebab hampir semua perguruan tinggi sudah memiliki standar kurikulum yang sama.

Kalaupun lulusan negeri lebih baik wajar karena bibit yang diperoleh melalui seleksi yang ketat sebaliknya jika ada PT Swasta yang baik itu juga merupakan prestasi.Yang terpenting sekarang adalah bagaimana putra putri bangsa yang tidak lolos ke Perguruan tinggi negeri dapat masuk di PT Swasta yang memiliki kemudahan dan fasilitas tidak kalah jauh dengan Perguruan Tinggi Negeri.

Salah satu caranya Pemerintah dalam hal ini Kementerian Ristek dan Teknologi juga  memberikan anggaran khusus untuk membantu fasilitas dan bea siswa bagi PT Swasta yang masih membutuhkan agar kualitas pendidikan tinggi di Indonesia terjaga kualitasnya. Demikian komentar.

Tentang Penulis

Yanto Prawironegoro

ypn1964@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00