• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Pasca Pilpres, Akankah Terjadi Rekonsiliasi ?

3 July
07:41 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Meski Pemilu Presiden 2019 sudah selesai  dan KPU sudah menetapkan  pasangan  Joko Widodo dan KH.Maruf Amin menjadi Presiden dan Wakil Presiden 2019 -2024 pada tanggal 30 Juni lalu. Namun  di kalangan publik masih terasa ada  yang masih mengganjal baik di kalangan elite partai maupun pendukungnya  dengan kata lain belum bisa menerima dengan  jujur, legowo dan ikhlas. 

Kondisi ini tentu tidak boleh terjadi terlalu lama sebab ini  dapat berdampak buruk bagi kehidupan berbangsa dan bernegara karena yang terjadi di akar rumput  atau masyarakat  bawah terbelah dua bahkan bukan tidak mungkin di  satu keluarga juga terjadi perpecahan  akibat beda pilihan pasangan calon presiden dan wakil presiden. 

Pertanyaannya mengapa ini bisa terjadi ? jawabnya karena hingga kini  dua tokoh  sentralnya pasangan  Presiden Joko Widodo/KH Maruf Amin dan pasangan Prabowo Subianto/Sandiaga Uno belum bertemu  secara langsung pasca pemilu presiden tanggal 17 April lalu. 

Menurut Wakil Presiden Yusup Kalla  kedua pasangan capres atau  setidaknya  2 tokoh sentralnya Joko Widodo dan Prabowo Subianto untuk segera melakukan rekonsiliasi  untuk meredam dan mendinginkan situasi politik yang masih terasa panas  pasca pemilu untuk  bersatu kembali membangun negeri dan bangsa ini, apalagi keduanya telah sama sama menerima keputusan hasil sengketa Pemilu Presiden oleh  Mahkamah Konstitusi. 

Rekonsliasi kini menjadi penting, sebab  ini sangat berbahaya bagi masa depan bangsa jika situasi dan kondisi terbelahnya masyarakat terus terjadi. Atas dasar itulah kedua Tokoh Bangsa ini Joko Widodo dan Prabowo Subianto untuk segeta melakukan pertemuan agar publik mengetahui bahwa keduanya benar benar sudah bisa menerima seluruh proses demokrasi dan ini dapat dipastikan ketegangan yang terjadi saat ini akan  berkurang. 

Dari mana dan siapa yang memulai atau apa isi rekonsliasi itu  bagi Publik tidak terlalu penting sepanjang pertemuan itu membawa bangsa ini ke arah yang lebih maju dan sejahtera.

Tentang Penulis

Yanto Prawironegoro

ypn1964@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00