• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Sukses Pemerintah Membuat Arus Mudik dan Balik Lancar

10 June
08:05 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Pelaksanaan Arus Mudik Lebaran 2019 yang berlangsung sejak tanggal 29 Mei lalu dinilai sukses dan jauh lebih baik dari penyelenggaraan mudik lebaran  sebelumnya. Keberhasilan penyelenggaraan Mudik Lebaran ini bukan hanya diakui pemerintah, namun juga sejumlah Anggota DPR dan masyarakat mengakui  keberhasilan Mudik. 

Lebaran  tahun ini dengan  Kementerian Perhubungan RI sebagai penanggung jawabnya. Tentu pertanyaan muncul apa indikasinya,  Penyelenggaraan Mudik Lebaran tahun ini lebih sukses dari tahun lalu. 

Ada beberapa ukuran penyelenggaraan  Mudik Lebaran itu dikatakan sukses. Yang pertama adalah  waktu tempuh pemudik dapat relatif cepat dan pemudik dapat sampai di  kampung halaman sesuai perkiraan. Yang kedua adalah nyaman aman dan lancar  tanpa kemacetan yang berjam jam dan yang tidak kalah pentingnya adalah  angka kecelakaan relatif kecil begitu juga kerugian materi  mengalami penurunan.

Jika mencermati itu semua  Penyelenggraan Mudik Lebaran tahun ini mampu menjawabnya. Misalnya dari segi  waktu tempuh  pemudik jauh lebih cepat sampai ke kampung halaman, hanya perlu waktu antara 6 sampai 8 jam. Kemudian juga dari sisi keamanan dan kenyamanan  tahun ini dinilai cukup kondusif dan dalam hal angka kecelakaan jauh menurun dari 1.178 kasus menjadi 446  kasus  dan korban meninggal dunia dari  254 orang tahun 2018 menjadi 109 orang  pada tahun 2019. Begitu juga dari kerugian materi tahun lalu mencapai  Rp3.962.235.000,  tahun ini turun menjadi  Rp1.253.300.000. 

Tentu keberhasilan ini  tidak serta merta muncul begitu saja jika tanpa ada upaya dan perencanaan yang lebih baik. Salah satu sumbangsih terbesar dalam kesuksesan Penyelenggaraan Mudik Lebaran 2019  adalah sosialisasi yang dibangun secara  bersinergi antara Insntasi terkait, seperti Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, PT. Jasa Marga dan Kepolisian RI, sehingga masyarakat dapat paham betul  dalam menentukan pilihan kapan pulang kampung dan kapan balik. Selain itu  yang tidak bisa dipungkiri tersedianya fasilitas infrastruktur yang  terkoneksi dan kebijakan  One Way yang diberlakukan dalam mudik lebaran  menjadi kunci keberhasilan dan kelancaran Mudik Lebaran tahun ini.

Tentu kita semua harus mengapresiasi kerja keras ini, namun kita juga berharap pemerintah di masa mendatang untuk terus melakukan inovasi inovasi baru dan pelayanan yang jauh lebih baik,  sehingga mudik bukan hanya menjadi sebuah rutinitas dan budaya biasa tetapi mudik menjadi sebuah event yang  dirindukan setiap orang.

Tentang Penulis

Yanto Prawironegoro

ypn1964@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00