• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Mengawal Pemilu mulai Dari Pencoblosan sampai Penetapan Hasil Penghitungan Suara

15 April
08:27 2019
1 Votes (3)

KBRN, Jakarta : Pemilihan Umum secara serentak   tinggal satu hari lagi  baik pemilu Calon  Presiden  calon  Wakil Presiden. Calon legislatif DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota dan DPD RI. Berbagai persiapan pelaksanaan pemilu telah dilakukan  oleh KPU Pusat, Daerah, sampai ke tingkat KPPS  bahkan PPLN  di berbagai negara seperti Arab Saudi. Hongkong, Mesir, Malaysia dan Australia. 

Pemilu bagi bangsa Indonesis amatlah penting karena untuk memilih  pemimpin  bangsa  baik di lembaga exekutif  seperti Presiden, Wakil Presiden  dan anggota Dewan Perwakilan Daerah. Pemilu  dikatakan sukses  jika  pelaksanaannya berjalan  lancar  aman, damai, jujur, adil dan demokratis  serta menghasilkan wakil walil rakyat yang berkualitas.

Pertanyaannya siapa yang paling bertanggungjawab terhadap suksesnya penyelengaraan pemilu  jawabnya  secara struktur dan kelembagaan  adalah  KPU dan Bawaslu, namun  lembaga lain juga  memegang peranan penting terhadap suksesnya penyelenggaraan pemilu seperti TNI, POLRI dan juga Kementrian Dalam  Negeri dan Kementrian Luar Negeri. Selain itu partisipasi masyarakat juga menjadi bagian penting sebab sukses nya pemilu adalah dapat dilihat berapa besar tingkat partisipasi publik. 

KPU menargetkan 70 persen tingkat partisipasi publik dari sekitar 192 juta lebih daftar pemilih tetap pemilu 2019. Untuk mencapai target  pemilih  mencapai 70 persen memang tidak mudah sebab di lapangan banyak persoalan  yang dihadapi masih saja  banyak WNI yang tidak dapat memilih karena tidak terdaftar dan belum melakukan perekaman E-KTP. Selain itu juga masih  saja ada persoalan lain  seperti surat suara rusak, surat suara yang sudah dicoblos belum waktu pencoblosan  dan masih  terjadinya politik uang yang akan berdampak pelanggaran Pemilu.

Atas  dasar itulah sudah sepatutnya semua pihak untuk mengawal dan mengamankan proses pemilu dari pencoblosan, penghitungan dan proses penetapan  hasil pemilu agar benar benar berjalan lancar aman, damai, jujur, adil dan demokratis.

Tentang Penulis

Yanto Prawironegoro

ypn1964@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00