• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Strategi Pemenangan Capres - Cawapres pada Pemilu 2019

12 April
08:05 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Calon presiden petahana pasangan Joko Widodo - Maruf Amiin  dan capres pasangan Prabowo Subianto - Sandiaga Uno di masa akhir kampanye akan mengeluarkan senjata pamungkasnya untuk meraih dukungan meski hingga kini  lembaga survei telah mengeluarkan hasil surveinya terkait elektabilitas kedua pasangan capres dan cawapres tersebut.

Ada lembaga survei  yang hasilnya pasangan  Joko Widodo-Maruf Amin unggul  tetapi  ada juga lembaga survei pasangan Prabowo-Sandiaga Uno unggul  dengan prosentase yang berbeda beda. LSI  pasangan capres 01 56.8 %  capres 02  36 persen. Kompas paslon capres  01 49.2 dan paslon prabowo sandi  37.4 persen sementara lembaga survei Pupkatis  pasangan jokowi maruf Amin 45,37 dan pasangan capres cawapres Prabowo Sandiaga 47.59 persen.

Dari hasil survei lembaga survei ini dapat disimpulkan kedua pasangan capres dan cawapres masih memiliki peluang yang sama untuk memenangkan sebuah perebutan kursi presiden. Pertanyaannya adalah apakah hasil lembaga survei  ini dapat dijadikan ukuran yang pasti terhadap  siapa yang  dapat memenangkan pemilu  presiden 2019. 

Jawabnya tentu tidak bisa dijadikan ukuran  secaa pasti tetapi juga tidak bisa dianggap salah sebab sutuasi  pada saat  survei dengan saat  publik berada di depan TPS  bisa saja berubah yang dipengaruhi berbagai aspek seperti  tekanan, politik uang dan juga memang tidak  terdeteksi saat survei dilakukan. Artinya sangat dimungkinkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil survei dengan kenyataan di lapangan.

Kini pemilu presiden tinggal menghitung jari mampukah kedua pasangan capres dan cawapres ini menjaga asa dan  kekuatan  dukungan suara publik. Jika dalam sisa waktu  ini pasangan calon presiden dan wakli presiden tidak mampu menunjukan  peningkatan kualitasnya baik  dalam hal personality maupun program tentu amat sulit mendapat dukungan suara. Namun jika capres dan cawapres mampu menujukkan performa yang baik  tentu hasilnya akan lebih baik pula.

Kini semuanya ada di tangan  capres dan cawapres dan tim suksesnya dalam memainkan  senjata andalannya dalam meraih dukungan suara dan kepercayaan masyarakat memilih presiden dan wakil presiden 5 tahun mendatang. (Foto : Tribunnews)

Tentang Penulis

Yanto Prawironegoro

ypn1964@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00