• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Adu Strategi Cawapres dalam Mencari Dukungan Suara pada Pemilu 2019

18 March
13:31 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Debat Cawapres yang Minggu malam (17/3/3019) berlangsung di Hotel Sultan dan disiarkan oleh RRI dan RRI Net seluruh stasiun televisi di tanah air sungguh  di luar dugaan. Publik sebelumnya menduga debat cawapres akan berlangsung seru, adu program dan saling  mengeluarkan argumen  yang kuat dan  membantah setiap argumen yang disampaikan oleh lawan politiknya  karena wapres dalam perebutan Capres dan Cawapres  dalam pemilu  2019 posisinya sangat menentukan. 

Namun sejak  awal perjalanan  debat  baik Cawapres 01 KH Maruf Amin maupun Cawapres 02 nampak tidak terlihat  gregetnya dalam berdebat dan terkesan membosankan. Pertanyaannya  mengapa ini bisa terjadi ?

Kedua  kandidat Cawapres ini adalah orang yang memiliki karakter  tenang dan  terkesan hati hati dalam berbicara. KH.Mar'ruf Amin dalam berdebat   tidak mau menyerang dan hanya menyampaikan programnya dan sangat menghargai seorang  Sandiaga Uno. Begitu juga Sandiaga Uno  sangat hati hati dalam menyampaikan gagasan ataupun kritikan  sangat sopan dan sedikit agak sungkan menghadapi seorang Kyai yang sangat dihormatinya.  

Inilah yang  membuat debat Cawapres terasa  hambar meskipun program prigram yang disampaikan  sebenarnya cukup menarik dan menyangkut  kepentingan  orang banyak, seperti Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan dan sosial budaya.

Kini Publik sudah melihat  bagaimana kualitas kedua kandidat Cawapres baik  Cawapres   01 maupun Cawapres 02  dan selanjutnya  publik sudah memiliki penilaian  masing masing kedua kandidat. 

Pertanyaannya apakah setelah melihat debat tadi malam akan mempengaruhi pilihan publik  untuk berubah haluan pilihan atau semakin mantap dengan pilihannya. Perubahan itu mungkin hanya terjadi pada pemilih yang hingga kini belum punya pilihan tapi bagi pemilih yang sudah punya pilihan sejak lama rasanya kecil kemungkinan untuk menjadikan debat Cawapres sebagai dasar untuk menentukan pilihannya dalam pilres mendatang.

Yang terpenting adalah debat Cawapres  diharapkan semakin mendorong keyakinan masyarakat bahwa memilih itu penting bagi masa depan bangsa dan negara tercinta ini.

Tentang Penulis

Yanto Prawironegoro

ypn1964@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00