• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Rencana Pengisian Jabatan Wakil Gubernur DKI Jakarta

11 February
07:19 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Akhir pekan kemarin,  Tim Panelis Uji Kepatutan dan Kelayakan calon Wakil Gubernur DKI Jakarta sudah merampungkan tugasnya. Tim Panelis itu antara lain Profesor Eko Prasojo dan Profesor Siti Zuhro. Sedangkan calon wakil Gubernur yang mengikuti uji kepatutan dan kelayakan tersebut ada tiga,  yakni Abdurrahman Suhaimi,  Agung Yunianto dan Akhmad Syaikhu. 

Dari tiga nama yang diajukan,  telah dipilih dua orang untuk dimajukan oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Gerindra. Kedua Partai ini memang pemegang hak pengaju calon wakil Gubernur DKi Jakarta,  setelah Sandiaga Uno dimajukan sebagai Calon Wakil Presiden. Harapannya tentu Kedua Partai ini segera menetapkan Calon yang akan dipilih oleh DPRD DKi Jakarta. 

Gubernur DKI Jakarta,  Anies Baswedan sendiri, tidak dalam kapasitas untuk menentukan pendampingnya. Ini sesungguhnya juga merupakan persoalan tersendiri. Beda dengan Shandiaga Uno yang telah bersama Anis Baswedan sejak sebelun masa pemilihan hingga penetapan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, maka calon yang ada sekarang belum pernah bersama dengan Anis baswedan. 

Ini memang pertaruhan jabatan bagi kedua partai Politik tersebut dan juga bagi Anis Baswedan. Publik berharap,  pengisian jabatan wakil Gubernur akan membawa dampak signifikan dalam pengelolaan ibukota. 

Chemistry antar keduanya harus segera dibangun. Dan yang paling penting dalam waktu dekat ini,  kedua nama harus dipilih dan diajukan ke DPRD DKI Jakarta. Jakarta adalah ibukota Negara,  sehingga pengelolaanya harus benar. 

Tentang Penulis

Widhie Kurniawan

Kapuspem RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00