• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Pemutusan Kontrak Kerja Sama BPJS dengan Rumah Sakit yang tidak Memenuhi Akreditasi

7 January
07:39 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Selamat pagi. Saudara, mulai awal tahun ini pemerintah dalam hal ini BPJS  memutus kerjas sama pelayanan PBJS terhadap rumah sakit  yang tidak memenuhi Standar Akreditasi. Hal ini sesuai Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 7 Tahun 2013 tentang Pelayanan Kesehatan Pada Jaminan Kesehatan Nasional, yang direvisi oleh Permenkes Nomor 99 Tahun 2015 mengenai Persyaratan Sertifikasi Akreditasi Fasilitas Kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS.

Saat ini, pemerintah menilai banyak rumah sakit, klinik maupun praktek dokter, praktek Mandiri yang tidak memenuhi Standar Akreditasi sehingga perlu dilakukan perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, salah satunya terhadap rumah sakit yang tidak memenuhi Standar Akreditasi.

Sesuai  Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan pada pasal 67, ada beberapa persyaratan untuk rumah sakit yang harus memenuhi Standar Akreditasi, di antaranya memiliki Intalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), Perbaikan Standar Operasi, kualitas tenaga medis yang mumpuni dan layanan geriatri, serta Integritas antara Pendidikan dan Pelayanan, terutama bagi rumah sakit pemerintah. Persyaratan inilah yang harus dipenuhi untuk dapat bekerja sama dengan BPJS. Jika tidak, maka BPJS akan melakukan pemutusan hubungan kerja sama terhadap rumah sakit yang tidak memenuhi persyaratan tersebut.

Pertanyaan berikutnya, apakah kebijakan ini mengganggu pelayanan bagi masyarakat? Tentu tidak. Justru ini merupakan upaya untuk perbaikan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Idealnya, pemerintah bukan hanya memutus kontrak kerja sama saja, tetapi juga kalau ada rumah sakit yang melakukan pelanggaran lain seperti me-markup harga obat, memberikan obat yang tidak standar dan hanya mencari keuntungan semata, perlu ditindak sesuai aturan hukum yang berlaku, jangan sampai pasien dirugikan. Demikian komentar, selamat pagi.

Tentang Penulis

Yanto Prawironegoro

ypn1964@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00