• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Bali Demokrasi Forum dan Komitmen Indonesia

8 December
23:07 2018
0 Votes (0)

AKBRN, Jakarta : Awal Desember lalu Indonesia kembali.menyelenggarakan Bali Demokrasi Forum ke.11 tahun 2018 di Nusa Dua Bali. Forum Demokrasi itu diikuti  92 Negara dan 7 Orgnisasi Internasional.

Isu yang dibahas adalah  Tentang Demokrasi  Untuk kemakmuran  Rakyat.

Menurut Menteri Luar Negri  Retno Marsudi  BDF bukanlah untuk menunjukan Indonesia  sebagai Champion Of Dekokrasi  namun menjadikan BDF sebagai forum bersama negara negara peserta bertukar pengalaman dan saling belajar dalam hal organisasi.

Pertanyaannya  mampukah  BDF mewujudkan tujuan dan cita-cita dalam demokrasi?

Jawabnya  memang tidak mudah sebab demokrasi yang berjalan  saat ini di.masing masing negara tentu masih belum merata.

Meskipun demikian selama 10 tahun  berjalan forum ini telah menciptakan kontribusi Indonesia terhadap kemajuan nilai nilai demokrasi pluralisme dan modernisasi baik di kawsaa  Asia.

Pasifik maupun dalam tatanan global.Untuk itu dalam Bali  Demokratik Forum Tema yang diusung adalah  Democracy for Prosperity yang  menegaskan  Demokrasi bertujuan unttuk sebuah kesejahteraan.

Artinyndonesia terus berkomitmen untuk menjadikan  Demokrasi  sebagai alat untuk menuju kesejahtraan masyarakat, menghilangkan ketimpangan, merduksi kesenjangan dan juga memberikan kesempatan untuk kemajuan  ekonomi  dan politik yang seimbang.

Tentang Penulis

Yanto Prawironegoro

ypn1964@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00