• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Jual Beli Blanko E-KTP

7 December
07:58 2018
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Persoalan KTP di negeri ini ternyata memang sangat menarik. Sejak digulirkan  proyek KTP elektronik ternyata  bukan hanya  nilai nilai manfaat yang didapatkan oleh masyarakat,  tetapi juga banyak pernik pernik negatif yang terjadi. 

Tentu kita sudah maklum berapa banyak koruptor yang terjerat korupsi dari proyek KTP dari koruptor kelas teri sampai koruptor kelas kakap kini meringkuk di jeruji besi. 

Belum lama ini kita dengar ada ribuan KTP tercecer dan ditemukan di wilayah Bogor dan Tangerang. Kini terjadi lagi kasus  jual beli Blanko. Miris rasanya  negeri ini untuk mengurus KTP saja, harus menimbulkan berbagai persoalan. 
 
Menurut Mendagri  Cahyo Kumolo terjadinya jual beli Blanko KTP tidak berdampak kepada sistem yang ada di pusat data di Kemendagri sebab Blanko yang dijualbelikan itu tidak masuk data siatem Kemendagri  telah melalukan  invedtijgasi  dan telah menemukan pelaku  yang melakukan  jual beli Blanko KTP  dan jika mengacu kepada Undang  Undang Administrasi Kependudulan  No. 24 tahuh 2013  pasal 96 A Pelaku diancam  dengan hukuman penjara 10 tahun atau denda  1 milyar rupiah.

Berbeda dengan Ketua KPU Arif Budiman. Dia mengatakan jual beli blanko KTP yang terjadi saat ini dengan harga jual 150 ribu sangat berbahaya  terutama menghadapi Pemilu 2019. Sebab bukan tidak mungkin ini dapat dijadikan penyalahgunaan kepentingan dalam merebut suara  dalam pemilu mendatang. 

Terlepas  perbedaan pendapat antara Mendagri dan Ketua KPU itu, kasus jual beli blanko KTP dipasaran bebas sangat disayangkan dan ini harus dituntaskan sampai  ke akar akarnya.  Sebab ini sangat membahayakan bagi  kerahasiaan data kependudukan  dan yang tidak kalah pentingnya  masalah KTP saat ini merupakan  isu yang paling seksi untuk  dijadikan alat kecurangan dalam pelaksanaan Pemilu 2019. 

Kita tentu tidak ingin dalam proses pemilu mendatang terjadi kecurangan  padahal kita semua sepakat jika pemilu harus  jujur, adil, aman, da

Tentang Penulis

Yanto Prawironegoro

ypn1964@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00