• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Upaya TNI dan Polri Menumpas dan Melakukan Evakuasi Korban Penembakan KKB

6 December
06:54 2018
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Aksi penembakan yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terhadap 31  Karyawan PT Istaka Karya tanggal 2 Desember lalu  merupakan sebuah tindakan yang  keji dan biadab. Tentu saja kejadian ini mengundang kemarahan dan keperihatinan yang amat dalam,  sebab tindakan ini seakan tidak mempunyai rasa kemanusiaan  membantai orang yang tidak bersalah. 

Presiden Joko Widodo meminta agar seluruh pelaku penembakan di Trans Papua  ditangkap dan ditumpas sampai ke akar-akarnya. Presiden juga telah memerintahkan Panglima TNI dan Kapolri untuk mengejar dan menangkap seluruh pelaku  penembakan tersebut. 

Mengapa Presiden sampai mengeluarkan pernyataan sekeras itu. Ini disebabkan karena tindakan yang dilakukan kelompok sipil bersenjata  benar-benar merusak tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara. Karena dapat mengganggu keamanan,  kenyamanan dan mengganggu stabilitas politik. Alasan kedua mereka yang ditembak adalah pejuang yang sedang menyiapkan  sarana tranfortasi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Papua itu sendiri  dan  yang paling penting  tindakan kelompok keriminal sipil bersenjata ini dapat mengganggu keutuhan Negara kesatuan RI.

Jadi apa yang dilakukan Presiden sudahlah tepat sebab tidak boleh ada lagi  di negri tercinta ini kelompok separatisme yang mengganggu keutuhan bangsa  dan negara. 

Lalu langkah apa yang harus dilakukan pemerintah pasca kejadian ini ? Pemerintah dalam hal ini TNI dan POLRI untuk bekerja cepat dan tepat melakukan evakuasi terhadap korban. Selanjutnya Pemerintah juga dapat menjamin keamanan  agar masyarakat tidak was was terhadap tindakan yang telah terjadi. Sebab bukan tidak mungkin saat ini banyak warga yang takut untuk beraktivitas karena takut terjadi kembali kasus penembakan yang sama.

Tentu kita semua  berharap kepada TNI dan POLRI untuk bisa mengatasi permasalahan ini dapat diselesaikan dengan cepat dan tepat,  dan kita semua yakin pemerintah tidak tinggal diam terhadap persoalan besar ini  dan segera mengambil langkah langkah  agar  Papua  kembali  aman, nyaman  sehingga masyarakat dapat beratifitas lagi seperti biasa.

Tentang Penulis

Yanto Prawironegoro

ypn1964@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00