• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Posisi Media Massa Di Tahun Politik

26 November
07:21 2018
0 Votes (0)

Media massa,  khususnya elektronik memiliki kekhasan tersendiri. Kekhasan Radio dan televisi adalah kemampuannya suatu program acara dalam jangkauan luas dan pada saat yang bersamaan. Mereka mengguanakan kanal frequensi milik negara yang diatur pemerintah.

Dalam dinamika politik saat ini,  posisi media massa elektronik menjadi penting. Namun dalam pantauan,  tidak sedikit media massa elektronik terkesan partisan. Posisi partisan ini sesungguhnya merugikan negara. Sebab mereka menggunakan hak negara yaitu freqwensi.
 

Selain itu,  sikap partisan juga akan merugikan publik,  sebab mereka hanya mendapat informaai satu sisi. Di samping juga,  sikap partisan akan merugikan pengelola media dalam jangka panjang.  Karena itu,  ada baiknya sikap partisan,  terlebih dalam pemilihan umum tahun depan.  

Media elektronik mesti netral dan independen.
Negara sejatinya perlu hadir lebih jauh dan lebih dalam. KPI dan Kominfo perlu terlibat aktif.  Secara kasat memang tidak tampak,  akan tetapi agenda setting mereka , pada sejumlah media masaa elektonik terkesan sangat vulgar.  Rakyat punya hak menjadi cerdas dalam menentukan pilihannya.

Tentang Penulis

Widhie Kurniawan

Kapuspem RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00