• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Pemerintah Keluarkan PP No 16 tentang Sistem Rangking Test CPNS

23 November
07:15 2018
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Proses Rekrutmen  CPNS 2018 yang  mensyaratkan  Passing Grade  pada level 255  ternyata masih menemui persoalan  di lapangan. Dari hasil test yang dilakukan   baik di  Kementerian. Lembaga maupun di Pemerintah Daerah banyak yang tidak mampu menembus Passing Grade pada angka 255. Sehingga jika dirata ratakan secara nasional dari jumlah CPNS  hanya 13 persen yang dapat  memenuhi persyaratan  bahkan ada daerah yang hanya mampu mencapai angka 3 persen dari jumlah peerta test CPNS. 

Berkaitan dengan hal trsebut  Pemerintah melalui Kemenpan  Mengeluarkan peraturan menteri No 61 tahun 2018  tentang Sistim Rangking Untuk Seleksi Kompetensi Dasar CPNS 2018. Dengan Permen ini dimaksudkan agar  peserta yang tidak mampu menembus angka passing grade juga bisa mengikuti test lanjutan melalui  sistim rangking.

Pertanyaannya mengapa ini dilakukan Pemerintah ? Jawabnya adalah  yang pertama karena kemampuan peserta CPNS secara keseluruhan banyak yang tidak mampu menembus passing grade jika tetap berdasrkan passing grade akan terjadi persoalan  yakni 

Kekosongan pegawai  lalu siapa yang mau bekerja  di instansi pemwrintah. Yang kedua  kemampuan peserta daerah juga tidak bisa disamakan dengan kemampuan daerah dan ini disebabkan berbagai faktor diantarnya pendidilkan kemajuan  pembangunan dan yang tidak  kalah pentingya adalah tingkat sosial, ekonomi masyarakat juga berpengaruh terhadap tingkat kampuan dan kecerdasan seseorang.

Namun pemerintah meski demikian tidak maenurunkan passing grade  sebagai tolak ukur kemampuan  SDM CPNS dalam merekrutmen pegawai  tetapi jalan keluar yang  dilakukan dengan cara  berdasarkan  rangking  hasil test dalam sebuah lembaga, Intansi  pemerintah baik pusat maupun daerah. 

Hasil rangking itulah mantinya akan disesuaikan  sesuai  hasil seleksi bidang yang dibutuhkan.Tentu ini  diharapkan jalan tengah dan solusi terbaik dalam menyelesaikan kebuntuan  rekrutmen CPNS 2018 yang  hingga kini masih menemui persoalan sehingga proses pengumumannya mengalami penundaan. 

Tentang Penulis

Yanto Prawironegoro

ypn1964@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00