• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Terobosan Kreatif Dapat Menguatkan Ekosistem Perekonomian Dunia

10 November
16:21 2018
2 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Indonesia boleh dibilang sukses menggelar World Conference on Creative Economy" (WCCE) atau konferensi ekonomi kreatif tingkat dunia pertama yang berlangsung di Bali pekan ini. Kegiatan tersebut diikuti perwakilan lebih dari 36 negara dan 1.500 peserta. 

Event ini juga telah menghasilkan agenda Bali yang nantinya diusulkan ke Sidang Umum PBB di tahun depan. Hal ini diharapkan semakin menguatkan ekosistem dan mendukung perkembangan ekonomi kreatif dunia yang telah memasuki era 4.0. Kita berharap konferensi pertama yang menghasilkan "Bali Agenda" dan merupakan dokumen dengan terdapat 21 poin di dalamnya, diantaranya mempromosikan komitmen politik internasional yang lebih kuat untuk mengatasi tantangan dan merebut peluang ekonomi kreatif bisa terus konsisten untuk diimpelentasikan di setiap negara peserta.

"Komite Bersama" yang juga dibentuk untuk menyusun agenda ditahun 2019 mendatang melalui penyelenggaraan Friends of Creative Economy yang menjadi forum tahunan, setidaknya dapat menekankan dan memperkuat Indonesia sebagai negara inisiator pelaksanaan WCCE, dengan menetapkan "Inclusively Creative" menjadi tema besar.

Pertanyaannya, mampukah Indonesia dan negara negara yang telah bersepakat tersebut berkonsisten menyampaikan pesan ke dunia bahwa ekonomi kreatif berpotensi menjadi penggerak utama pertumbuhan ekonomi negara, yang juga semakin menekankan bahwa Sumber daya ekonomi kreatif berasal dari ide dan gagasan manusia yang tak akan pernah habis selama manusia tetap eksis?

Pastinya kita harus meyakini bersama bahwa untuk mengembangkan ekonomi secara global, kunci utama pengembangan ekonomi kreatif adalah kolaborasi. Kolaborasi tersebut dilakukan tanpa memandang batas usia, jenis kelamin, latar belakang pendidikan, agama, maupun lokasi geografis. Dengan terutama mampu membaca peluang usaha yang dituangkan melalui kreatifitas sebagai terobosan kreatif guna mendukung perekonomian negara.

Tentang Penulis

Besty Simatupang

rri.co.id

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00