• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Arab Saudi Menjatuhkan Hukuman Mati kepada Seorang TKI Tuti Tursilawati

3 November
09:06 2018
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Kerajaan Arab Saudi kembali menjatuhkan hukuman mati kepada salah seorang TKI Tuti Tursilawati pada tangga 29 Ojtober lalu.Tuti dihukum mati akibat tindakannya yang memukul majikannya hingga terkapar 8 Tahun lalu. Hukuman mati yang dieksekusi pemerintah Arab Saudi membuat pemerintah Indonesia dan keluarga Tuti merasa terhentak sebab tidak ada notivikasinya.

Menurut pakar Hukum Internasional Hikmanto Juwana langkah yang dilakukan menghukum mati orang asing tanpa pemberitahuan merupakan pelanggaran norma hukum, sebab wajib hukumnya suatu negara yang akan menghukum warga negara asing. Pemerintan atau perwakilan negara harus dinotivikasi.

Kasus seperti ini sesungguhnya bukan yang pertama kalinya bagi pemerintah Arab Saudi tetapi sebelumnya juga menghukum mati TKI tanpa melaporkan kepada pemerintahnya stau perwakilannya.

Pertanyaannya mengapa pemerintah Arab sering melakukan pelanggaran Norma hukum seperti ini. Jawabnya adalah karena bisa saja hukuman mati di Arab Saudi sesuatu hal yang biasa, yang kedua nilai tawar Indonesia di mata Arab biasa biasa sehingga tidak ada sesuatu yang perlu ditakuti dan yang ketiga Indonesia tidak bisa mencampuri urusan dalam negeri Arab Saudi.

Meskipun demikian Penerintah harus terus berupaya mencari langksh yang tepat agar peristiwa seperti itu tidak terulang lagi.

Tentang Penulis

Yanto Prawironegoro

ypn1964@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00