• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Pembakaran Bendera Bertuliskan Tauhid di Garut Jawa Barat

24 October
08:07 2018
1 Votes (4)

KBRN, Jakarta : Peringatan Hari Santri yang berlangsung di Alun Alun Limbangan  Garut diciderai oleh  pembakaran bendera bertuliskan kalimat Tauhid yang dilakukan oleh oknum anggota Banser.

Aksi membakar Bendera bertuliskan kalimat Tauhid ini mendapat kecaman keras  dari MUI dan  Pimpinan Muhamadiyah karena ini dapat dikategorikan menghina agama dan melukai  hati umat  Islam di seluruh dunia  apalagi  ini dilakukan saat hari bersejarah umat Islam di Indonesia.

Pertanyaanya apa yang menjadi motif pembakaran  bendera  bertuliskan kalimat Tauhid itu? Apakah benar tidak ada motif lain atau karena bendera  tersebut bendera lambang ormas Islam yang sudah dilarang oleh  pemerintah Indonesia ? 

Majlis Ulama Indonesia dengan tegas  menyesalkan terjadinya peristiwa pembakaran bendera bertuliskan kalimat  Tauhid  dan mendesak pelaku pembakaran segera meminta maaf kepada umat  Islam.

Pendapat yang sama juga dilontarkan oleh ormas Islam PP Muhamadiyah  yang dengan tegas mengatakan tidak semestinya pembakaran bendera itu  terjadi,  masih ada cara lain yang lebih santun dan elegan  untuk menunjukan sikap nasional dan sikap anti  HTI.

Terlepas  dari ada tidaknya motif dan  kepentingan dari kasus pembakaran Bendera yang bertuliskan kalimat Tauhid. Para pelaku pembakaran bendera kalimat Tauhid sudah melakukan kesalahan besar  terhadap umat Islam. Sebab bukan persoalan benderanya tetapi adalah kalimat  Tauhidnya. Sebab bagi Umat Islam kalimat Tauhid merupakan
 kalimat yang sangat sakral sebagai kesaksian atau pengakuan seseorang kepada Allah dalam memeluk Agama Islam 

Namun demikian kasus pembakaran bendera bertuliskan kalimat Tauhid ini tidak ditanggapi secara emosional dan brutal oleh umat Islam apalagi melakukan  unjuk rasa dan pengerahan masa. Tetapi Umat Islam menyikapinya secara bijak dan menyerahkan kasus ini kepada pihak yang berwajib untuk mengusut tuntas  motif dibalik kasus ini dan jika telah mendapatkan bukti bukti yang kuat, para pelaku pembakaran bendera agar dijatuhi hukuman yang berat. 

Tentang Penulis

Agus Rusmin

Reporter Senior RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00