• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Peringatan Hari Ulang Tahun TNI ke 73

5 October
08:49 2018
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Hari ini Tentara Nasional  Indonesia  (TNI) kembali memperingati  Hari  Ulang Tahunnya yang yang ke-73  tepatnya  5 Oktober  2018. Peringatan Hari Ulang Tahun  ke-73 ini,  dilaksanakan  di Markas Besar TNI Cilangkap  dan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bertindak selaku inspektur Upacara.

Dalam usianya yang  sudah terbilang matang ini Tentara Nasional Indonesia terus dituntut melaksanakan tugas dan fungsinya secara  profesional. 

Dalam Undang-Undang No. 34 tahun 2004 disebutkan bahwa tugas pokok TNI itu pada prinsipnya ada tiga yakni  menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara. 

Dalam pelaksanaan tugas  Pokok TNI yang dimaksud pada ayat 1  adalah  salah satunya  membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan dan  membantu  pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan. 

Letak geografi Indonesia yang  berada pada lempeng Indo-Australia, Asia dan Pasifik disertai dengan banyaknya gunung-gunung berapi, perusakan hutan oleh ulah sekelompok manusia sangat rawan kemungkinan terjadinya bencana alam. 

Pengelolaan sumber daya nasional selama ini belum mampu memberikan konstribusi yang maksimal bagi kesejahteraan rakyat dan penanggulangan awal bencana alam, sehingga ketergantungan  pada  bantuan pemerintah pusat, lembaga bantuan swasta dan asing masih sangat tinggi.

Pengaruh geografi dan eksploitasi yang berlebihan oleh sekelompok manusia mengakibatkan tingginya intensitas bencana alam diberbagai wilayah Indonesia baik berupa gempa dan tsunami di Aceh,  Lombok  dan juga yang baru saja terjadi di Palu, Donggala dan Sigi yang sudah menelan korban ribuan manusia.

Pertanyaannya adalah Bagaimana Peranan TNI dalam membantu penanggulangan Bencana. Jawabnya  TNI memiliki peranan penting dalam penanggulangan bencana yang terjadi  selama ini di tanah air  seperti, pengamanan dan penanganan langsung bagi korban bencana baik yang sudah meninggal dunia maupun  bantuan mengevakuasi para korban yang masih hidup, mengkoordinasikan pelaksanaan, menyiapkan dan memberikan bantuan alat-alat perlengkapan yang diperlukan di dalam mengatasi dampak bencana, melaksanakan kegiatan-kegiatan operasional dalam rangka membantu korban masyarakat dan memulihkan kehidupan sosial masyarakat di daerah bencana dan  melakukan kegiatan pengamanan terhadap penyelanggaraan kegiatan operasional di lapangan dalam rangka penanganan bencana.

Tugas lainnya Segera mengungsikan penduduk korban bencana ke daerah yang aman, pencarian korban di bawah reruntuhan gedung atau rumah bila masih ada serta evakuasi, menyelamatkan barang-barang/harta benda penduduk yang masing utuh. 

Tentu kita semua berharap peran TNI dalam usianya  yang ke 73 ini,  semakin nyata dalam melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia, sehingga masyarakat benar benar merasa aman nyaman  dengan  keberadaan TNI di tengah-tengah masyarakat. (Foto : Puspen TNI)

Tentang Penulis

Yanto Prawironegoro

ypn1964@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00