• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Hubungan Konstruktif ASEAN-Selandia Baru Membantu Dunia Internasional

14 April
07:49 2018
1 Votes (5)

Disusun oleh: Besty Simatupang KBRN,

Jakarta: Republik Indonesia I selaku koordinator kerjasama kemitraan ASEAN-Selandia Baru berhasil mendorong Negeri Kiwi itu untuk meningkatkan kerja samanya dengan negara anggota ASEAN. Peningkatan kerjasama tersebut dilakukan melalui pelaksanaan berbagai program dan kegiatan baru.

Ke depannya, ASEAN dan Selandia Baru sepakat agar arah kerjasama kedua pihak berpusat pada peningkatan dan perluasan bidang kerjasama pemberantasan kejahatan lintas batas, kerja sama maritim, anti-terorisme, pariwisata, pendidikan, dan lingkungan hidup. Seperti kita ketahui Kerjasama bilateral ASEAN – Selandia Baru yang akan memasuki usia ke 45 pada tahun 2020, diwujudkan dengan semakin ditingkatkannya kerjasama diberbagai sektor. terutama penekananya difokuskan pada kerjasama orang – perorang.

Dari kerja sama kemitraan ASEAN-Selandia Baru semenjak tahun 2016 hingga Maret 2018, tercatat sudah mengeksekusi 52 gerakan aksi dari 59 gerakan aksi terutama dalam pencapaian sektor kerja sama politik dan keamanan.

Sebelum itu juga bersama dengan Malaysia dan Singapura, Selandia Baru telah bekerja sama sejak 2017-2018 dan dengan Filipina membuka kelas ahli untuk keamanan siber. Sementara dengan Indonesia, Selandia Baru fokus melawan sampah plastik di laut dengan dilakukannya konferensi tingkat tinggi di Bali beberapa waktu lalu. Kerjasama dengan ASEAN di sektor maritim juga ditingkatkan dengan adanya pernyataan bersama kerja sama yang diadopsi pada 2015.

Sedangkan dalam bidang ekonomi, beberapa inisiatif telah diimplementasi terutama pada bidang agrikultur, teknikal, dan kejuruan serta pelatihan. Ada pula safe food project, inisiatif selandia baru untuk mengontrol kondisi kekurangan pangan dan malnutrisi di ASEAN.

Kita berharap Pertemuan Asean selandia baru juga dapat membahas dan mencari solusi dari Isu regional termasuk ancaman misil Korea Utara dan meninjau ke depan program pertukaran dan pengembangan di sektor maritim.

Harapan Itu senada dengan Deputy Secretary Asia and America MOF and Trade Selandia Baru Ben King yang menekankan hubungan ASEAN dan Selandia baru terus membangun dan memotorisasi risiko yang mungkin meningkat termasuk perhatian pada sektor keamanan , terorisme dan radikalisme. Kita pun percaya hubungan ini kedepannya akan semakin kuat untuk Selandia Baru dan ASEAN sebagai rekan regional yang persahabatannya berdasar common values atau nilai nilai umum, keinginan damai, demokrasi, penghormatan untuk global, good governance standard, dan komitmen untuk membantu dunia internasional.

Untuk itu hubungan yang konstruktif harus selalu dikedepankan demi kesejahteraan bersama guna melanjutkan suksesi kemitraan dengan ASEAN serta merencanakan perayaan hubungan antara keduanya dimasa masa yang akan datang. (KBRN/Foto Biro Pers Istana)

Tentang Penulis

Agus Rusmin

Reporter Senior RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00