• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Pentingnya Menjaga Komitmen Independensi RRI dari Aspek Kelembagaan

14 November
09:25 2017
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Selama satu tahun belakangan ini, capaian kinerja RRI terus berada pada trend positif mrlanjutkan kinerja periode sebelumnya. Ada catatan soal transformasi programa siaran berita melalui Pro3 RRI, dari tagline jaringan berita nasional menjadi suara identitas keIndonesiaan. Belum sempurna memang, akan tetapi ada trend positif dalam jumlah pendengar serta pendapatan negara bukan pajak.

Sementara itu Programa 4, akan menjadi programa nasional kebudayaan dengan tagline baru. Budaya atau Culture, lebih luas dibandingkan sekedar seni atau arts.Budaya menjadi bahasa universal beragam suku bangsa dan bahkan bangsa-bangsa di dunia.Terkait dengan itu, RRI merasa perlu melakukan pendekatan budaya kepada khalayak di tanah air, maupun menggagasnya dalam bentuk pertukaran program budaya pada tingkat masyarakat lebih luas di kawasan Asia Pasific yang difasilitasi ABU, Asia Pacific. broadcasting Union.

Gagasan yang dipaparkan oleh anggota Planning and Strategic Group Meeting ABU Dwi Hernuningsih mendapat persetujuan pada Administrative Council untuk diimplementasikan dalam Program Committee. Direktur Utama RRI M. Rohanudin yang juga anggota administrative council menyebut Cultural Exchange Program ini sebagai legacy RRI di dunia internasional. Teknologi digital akan diterapkan pada program tersebut.

Angkasawan RRI memiliki Kemampuan memproduksi program secara baik, ditunjukkan dengan raihan dua juara kategori program radio KPI Award 2017 untuk RRI Bandung dan Kupang. Dalam aspek reformasi birokrasi dan peningkatan kesejahteraan, pendapatan angkasawan RRI, baik PNS maupun Non PNS sudah sama atau di atas rata-rata pekerja pada industri radio siaran di tanah air .Capaian tersebut memang sangat signifikan.

Namun demikian menurut Pakar Komunikasi UGM, Hermin Indah Wahyuni, perlu ada penguatan komitmen atas posisi RRI saat ini dan kedepannya.ruang kreasi itu terwujud dengan komitmen menjaga independensi RRI, baik secara kelembagaan maupun kebijakan editorial. Dua hal itu tidak dapat terpisahkan.sebagai catatan,

Pola kelembagaan Badan Layanan Umum misalnya, sangat tidak cocok untuk RRI, sebab walau ada kesan menjaga independensi editorial, namun sangat rentan dalam organisasi dan anggaran.

Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Al Masy'ari menjanjikan komitmen independensi ini akan dikunci pada RUU Penyiaran dan RUU RTRI yang sedang dalam proses pembahasan di DPR.Independensi RRI sebagai media publik adalah satu keniscayaan dalam sistem demokrasi yang sedang tumbuh di tanah air.(WK/ARN)

Tentang Penulis

Widhie Kurniawan

Kapuspem RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00