• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Generasi Now Mengenal Pahlawan Bangsa

10 November
09:51 2017
2 Votes (5)

KBRN, Jakarta  : Hari ini 10 November masyarakat bangsa Indonesia memperingati nya sebagai Hari pahlawan, yang seharusnya disadari bukan hanya sekedar memperingati, tetapi dimaknai mengenang, mengenal dan meneruskan cita cita para pahlawan yang telah mengantarkan kita ke pintu gerbang kemerdekaan, untuk diisi dengan cita cita terbebas dari segala bentuk penjajahan.

Bersyukurlah karena kita dapat  menghirup udara bebas tanpa dentuman bom yang menakutkan. Leluasa bergerak meraih ilmu dan bekerja sesuai kemampuan dengan tidak ada tekanan dari pihak mana pun.
Masih pernahkah kita, generasi Now meluangkan waktu berpikir siapakah  orang-orang tangguh yang disebut pahlawan, yang dahulu mengupayakan agar kehidupan kita  seperti sekarang. Mereka sadar betul bahwa hidup dibawah kekangan orang penjajah adalah malapetaka besar, terlebih jika mengingat kekayaan bangsa Indonesia yang luar biasa, baik dari sumber daya alam maupun manusianya.

Kata kata bijak yang mereka tinggalkan pun, sampai saat ini masih relevan untuk kita renungkan dan sadari kebenarannya.


Ir. Soekarno, “perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri “.

Fakta yang ada sekarang, perjuangan memberantas  korupsi yang melibatkan orang orang besar dan ternama, bahkan disebut jajaran petinggi petinggi negeri ini, wakil rakyat, penegak hukum dan yang lainnya, siapa yang akan menghadapi, kalau bukan kita sendiri. Terbukti, melawan mereka , menghadapi anak bangsa sendiri yang korupsi , yang mempermainkan keadilan, lebih sulit . Ini adalah fakta. 
 

Kata bijak yang ditinggalkan Jendral Sudirman, “jangan mudah tergelincir dalam saat saat seperti ini. Segala tipu muslihat dan provokasi provokasi yang tampak atau tersembunyi dapat dilalui dengan selamat kalau kita waspada dan bertindak sebagai patriot “.

Sekarang yang dihadapi bangsa, generasi Now di negeri ini adalah hoaks, upaya disintergasi , terorisme dan provokasi yang tampak maupun tersembunyi. Oleh karena itu, Generasi Now harus mengenal, mengerti, memahami dan harus berani menegakkan kebenaran, keadilan seperti halnya yang dilakukan para pahlawan saat memperjuangkan kemerdekan bangsa ini. Bangsa Indonesia, yang berbeda beda tetapi satu , Bhineka Tunggal Ikha.


Pesan Bung Hatta ,
“Jatuh bangunnya negara ini, sangat tergantung dari bangsa ini sendiri. Makin pudar persatuan dan kepedulian, Indonesia hanyalah sekedar nama dan gambar seuntaian pulau di peta. Jangan mengharapkan bangsa lain respek terhadap bangsa ini, bila kita sendiri gemar memperdaya sesama saudara sebangsa, merusak dan mencuri kekayaan Ibu Pertiwi.”

Moment memperingati hari pahlawan, adalah moment yang sangat tepat bagi kita semua anak bangsa Indonesia, mengenang, mengenal, memahami , wasdapa dan berani melawan ketidak adilan , serta kesenjangan yang masih dirasakan sebagian masyarakat anak bangsa di negeri ini. Generasi Now, berjuang dalam situasi dan kondisi Now untuk masa depan yang lebih baik, untuk mencapai negeri yang adil , makmur dan sentosa.(AS/ARN)

Tentang Penulis

Agung Susatyo

Redaktur Senior RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00