• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Imbas Corona, Tingkat Okupansi Hotel dan Restoran di Bondowoso Anjlok

27 March
09:54 2020
0 Votes (0)

KBRN, Bondowoso : Setelah menutup semua destinasi wisata di Kabupaten Bondowoso akibat meluasnya Covid-19, Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga (Disparpora) juga menutup usaha yang bergerak di bidang kuliner seperti kafe, restoran, rumah makan, warung kopi dan sejenisnya. Hal ini untuk menindaklanjuti surat edaran Bupati yang berlaku sejak 5 Maret hingga 5 April mendatang.

Tujuannya untuk menekan penyebaran virus yang berada di kerumunan-kerumunan orang. Untuk menghindari kerumunan tersebut adalah melakukan layanan terbatas seperti "take away" dan layanan antar seperti jasa ojek online. Akibatnya, tingkat kunjungan restoran dan rumah makan menurun hingga 60 %. Bahkan, tingkat okupansi hotel dan home stay tinggal 10% sampai 30%. 

Kabid Pariwisata Disparpora Bondowoso, Adi Sunaryadi, Jumat (26/3/2020) menjelaskan, istilah "ditutup" merupakan kerja sama dengan pengusaha untuk melakukan social distancing secara ketat. Kalaupun tetap buka, maka pengusaha wajib memberikan sekat atau jarak untuk menghindari terjadinya kerumunan pengunjung. 

"Memang semua sektor terpukul. Ini konsekuensi dari wabah yang mengglobal dan harus kita hadapi bersama-sama," jelasnya saat ditemui di ruangannya.

Lebih jauh, Adi menjelaskan, para pengusaha kuliner dan hotel masih boleh menerima pengunjung. Namun mereka wajib mengikuti rekomendasi yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan.

"Termasuk yang berpotensi ramai kerumunan itu di angkringan," katanya.

Mengenai target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bondowoso di sektor wisata yang mengalami kenaikan pada 2020, Adi mengatakan bahwa masih menunggu informasi dari pemerintah pusat. Namun di tengah perjuangan melawan virus saat ini, pihaknya berharap ada kebijakan.

" Secara nasional mungkin sudah dipikirkan juga. Saya dengar pemerintah pusat sedang berpikir menekan pajak hotel,"

Hingga kini, Disparpora terus memantau dan melakukan pengawasan di beberapa titik destinasi wisata yang sudah ditutup sejak beberapa waktu lalu. 

"Misalkan tadi saya terakhir ngecek di museum kereta api Bondowoso. Karena sudah disurati artinya kita akan melakukan pemantauan langsung," pungkasnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00