• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Cabor

Trump Dukung Keputusan Abe Tunda Olimpiade Tokyo

25 March
12:15 2020

KBRN, Jakarta: Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Presiden AS Donald Trump melakukan pembicaraan melalui saluran telepon membahas keputusan untuk menunda Olimpiade Tokyo dan Paralimpiade yang dijadwalkan di musim panas ini. 

Kedua pemimpin negara itu menggelar pembicaraan melalui telepon pada Rabu pagi waktu Jepang sekitar 40 menit. Pembicaraan itu atas permintaan Jepang.

Kepada Trump, Abe menjelaskan ia dan Presiden Komite Olimpiade Internasional Thomas Bach pada Selasa kemarin sepakat untuk menunda Olimpiade Tokyo menyusul wabah virus corona virus baru (COVID-19). 

Olimpiade Tokyo rencananya akan digelar paling lambat pada musim panas 2021 mendatang. Menurut Abe, keputusan itu dirancang untuk memungkinkan atlet berkompetisi di bawah kondisi terbaik dan juga untuk memastikan Olimpiade aman. 

Trump mengapresiasi dan mendukung penundaan Olimpiade Tokyo. " Itu adalah keputusan yang tepat," kata Trump seperti dikutip NHK, Rabu (25/3/2020). 

Selain membicarakan seputar penundaan Olimpiade Tokyo, Abe dan Trump sepakat untuk bekerja sama untuk menjadikan Olimpiade sebagai simbol mengatasi pandemi virus COVID-19. Selain itu, mereka juga sepakat untuk bekerja sama untuk mempromosikan pengembangan perawatan untuk virus COVID-19. (foto: Voanews)

00:00:00 / 00:00:00