• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Besok Depok Lakukan Rapid Test, Catat Lokasinya!

24 March
22:22 2020
0 Votes (0)

KBRN, Depok : Alat rapid test untuk Kota Depok telah tiba, Selasa (24/3/2020). Alat itu dijemput langsung oleh tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) ke Bandung, Jawa Barat.

"Iya alat rapid test nya sudah nyampe tadi. Dijemput langsung oleh tim," ujar Juru Bicara Covid-19 Centre Kota Depok Dadang Wihana kepada RRI.

Namun demikian Dadang belum bisa membeberkan berapa jumlah alat rapid test yang tiba di Kota Depok. Dia menjelaskan jika rapid test itu diperuntukkan bagi orang priotitas yaitu Pasien Dengan Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pemantauan (ODP).

"Jumlahnya saya belum cek. Tapi Insya Allah besok bisa segera kita lakukan pengetasan untuk yang prioritas dulu," katanya.

Dadang menyebutkan rapid test untuk PDP dan tenaga kesehatan yang kontak dengan positif Covid-19 tanpa Alat Pelindung Diri (APD) lengkap akan dilakukan di rumah sakit-rumah sakit.

Sedangkan rapid test ODP, pasien yang datang ke puskesmas dengan indikasi Covid-19, tenaga kesehatan puskesmas yang kontak dengan pasien positif Covid-19 tanpa APD lengkap.

"Jadi seperti yang pak Wali Kota sebutkan, PDP dilakukan rapid test di rumah sakit dan ODP dilakukan rapid test di puskesmas. Perlu kami tekankan ODP yang sebelumnya bakal di rapid test di Alun-Alun ngga jadi ya, dipindah ke puskesmas-puskesmas masing-masing wilayah.

"Karena ini untuk prioritas (PDP, ODP) tidak dipungut biaya atau gratis," tambahnya.

Sebelumnya, karena Bupati Kabupaten Bogor belum siap menjadikan Stadion Pakansari sebagai tempat rapid test massal bagi PDP dan ODP Kota Depok, Kota Bogor dan Kabupaten Bogor, dijadwalkan Senin (23/03) kemarin. Sehingga Wali Kota Depok Idris Abdul Somad sempat berencana menjadikan Alun-Alun Kota Depok sebagai tempat rapid test massal bagi ODP Kota Depok.

Baca Juga: Bogor Belum Siap Alun Alun Dijadikan Tempat Rapid Test Warga Depok

Belakangan, Senin (23/3/2020), Idris mengubah lokasi rapid test massal dari Alun-Alun tersebut ke puskesmas-puskesmas.

  • Tentang Penulis

    Rido Lingga, S.Kom

    Jurnalis Radio Republik Indonesia | RRI Jakarta | email: lin99a@gmail.com

  • Tentang Editor

    Heri Firmansyah

    Redaktur RRI-Online

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00