• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Jaksa Menyapa

Pengedar dan Pengguna Psikotropika Jenis Riklona Dipidana 4 Tahun Penjara

18 March
15:12 2020
1 Votes (5)

KBRN, Belu : Pengadilan Negeri Kelas I B Atambua. Rabu, (18/3/2020) gelar sidang perkara dua kasus narkotika jenis psikotropika golong 4 berupa obat riklona dengan tersangka Fariyadin H. Ardin sebagai penjual dan Saiful Alias Dona sebagai pembeli dan pengguna.

Sidang perkara yang digelar terpisah masing-masing dipimpin hakim ketua Resa Latuconsina dan Hakim Ketua Sisera Nenohayfeto. Agenda pembacaan tuntutan Jaksa Penuntut Umum.

Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Belu Mario Siahaan menjelasakan, dalam sidang pembacaan penuntutan tersangka Feriyadin H. Ardin diancam dengan pidana penjara maksimal 5 tahun, denda maksimal 100 juta rupiah dan subsider 6 bulan kurungan penjara,

Mario menegaskan, perkara ini mendapat atensi khusus Kejaksaan Negeri Belu, mengingat pemerintah dalam skala nasional dan daerah sudah menyatakan perang terhadap narkotika, psikotropika dan zat adjektif lainnya.

Sehingga dalam perkara ini, Kejaksaan Negeri Belu sangat konsen, untuk mewujudkan kepastian keadilan dan pemanfaatan hukum, sebagai bentuk efek jera, karena menjadi perkara pertama menyangkut psikotropika di Kabupaten Belu.

"Fakta hukumnya, bahwa yang bersangkutan ini menjual obat jenis psikotropika itu sebanyak 8 strip dengan masing-masing strip berisi 10 butir pil", jelas Mario

Senada disampaikan Jaksa penunt Umum Ardy Wicaksono, bahwa terdakwa Saiful Alias Dona tersangka pengguna obat riklona yang dibeli dari Fariyadin H. Ardin dipidana penjara 4 tahun, denda 100 juta rupiah dan subsider 6 bulan kurungan.

Semantara barang bukti dimusnahkan dan uang yang dibawa disita untuk negara.

“Bahwa ini menjadi perkara pertama kali yang masuk ke Kabupaten Belu, yang ternyata terdapat pembeli dan penjual di sini, dimana Saiful Alias Dona membeli dari tersangka penjual Fariyadin H. Ardin,” ungkapnya. 

Sidang perkara dua kasus narkotika jenis psikotropika golongan 4 berupa obat riklona dengan tersangka Fariyadin H. Ardin akan digelar sidang pembelaan secara tertulis dari penasehat hukum, direncanakan, Kamis, (19/3/2020).

Sedangkan perkara dengan tersangka Saiful Alias Dona akan berlangsung Kamis pekan depan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00