• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kilas Bola

UEFA Resmi Tunda Piala Eropa 2020 Akibat Virus Corona

18 March
08:31 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta :Akibat penyebaran virus corona yang sudah mencapai berbagai ratusan negara didunia, Konfederasi Sepal Bola Eropa (UEFA) resmi menunda Piala Eropa 2020. UEFA menyebut jika Piala Eropa 2020 akan dimundurkan hingga tahun 2021 mendatang untuk mencegah penyebaran virus corona.

Piala Eropa 2020 sebenarnya akan dimainkan pada bulan Juni dan Juli tahun ini. Melalui situs resminya, semua kompetisi dan pertandingan UEFA (termasuk pertandingan persahabatan) untuk klub dan tim nasional untuk pria dan wanita juga ditunda hingga pemberitahuan lebih lanjut. 

Selain itu Pertandingan play-off UEFA EURO 2020 dan pertandingan persahabatan internasional, yang dijadwalkan  akan dimainkan pada akhir Maret, akan dimainkan di jendela internasional pada awal Juni mendatang, dengan catatan tergantung pada tinjauan situasi.

Keputusan, yang diambil oleh Komite Eksekutif UEFA, mengikuti pertemuan konferensi video yang diadakan Selasa (17/3) waktu setempat, dengan presiden dan sekretaris umum dari 55 asosiasi nasional, serta perwakilan dari Asosiasi Klub Eropa, Liga Eropa dan FIFPro Eropa, yang diselenggarakan oleh Presiden UEFA Aleksander ?eferin, untuk menemukan rencana yang koheren untuk memecah kebuntuan perlengkapan karena penyebaran virus di seluruh benua.

Baca juga : Juventus : Blaise Matuidi Positif Terjangkit COVID-19

Baca juga : The Reds Liverpool Miliki Skuat Termahal di Dunia

Mengumumkan keputusan, Aleksander ?eferin berkata:

"Kami berada di pucuk pimpinan dari sebuah olahraga yang dihidupi dan dihirup sejumlah besar orang oleh lawan yang tak terlihat dan bergerak cepat ini. Pada saat-saat seperti inilah komunitas sepakbola perlu menunjukkan tanggung jawab, persatuan, solidaritas dan altruisme.

"Kesehatan para penggemar, staf, dan pemain harus menjadi prioritas nomor satu kami dan, dengan semangat itu, UEFA mengajukan serangkaian opsi sehingga kompetisi dapat berakhir musim ini dengan aman dan saya bangga dengan respons rekan-rekan saya di seluruh sepakbola Eropa. Ada semangat kerja sama yang nyata, dengan semua orang mengakui bahwa mereka harus mengorbankan sesuatu untuk mencapai hasil terbaik.

"Adalah penting bahwa, sebagai badan pengatur sepak bola Eropa, UEFA memimpin proses dan membuat pengorbanan terbesar. Memindahkan EURO 2020 harus dibayar mahal untuk UEFA tetapi kami akan melakukan yang terbaik untuk memastikan bahwa pendanaan vital untuk akar rumput, perempuan sepak bola dan pengembangan permainan di 55 negara kami tidak terpengaruh.Tujuan atas laba telah menjadi prinsip panduan kami dalam mengambil keputusan ini demi kebaikan sepakbola Eropa secara keseluruhan.

"Sepak bola adalah kekuatan yang membangkitkan semangat dan kuat dalam masyarakat. Pikiran untuk merayakan festival sepakbola pan-Eropa di stadion kosong, dengan zona kipas yang sepi sementara benua itu duduk di rumah sendirian, adalah sesuatu yang tanpa kegembiraan dan satu yang tidak bisa kita terima. merayakan ulang tahun ke 60 kompetisi.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Asosiasi Klub Eropa, Liga Eropa dan FIFPro Eropa atas kerja keras mereka hari ini dan atas kerja sama mereka. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih dari lubuk hati yang terdalam kepada 55 asosiasi nasional, presiden dan sekretaris jenderal mereka, dan kolega-kolega saya dari Komite Eksekutif atas dukungan dan keputusan bijak mereka. Rincian yang baik akan dikerjakan dalam beberapa minggu mendatang tetapi prinsip-prinsip dasar telah disepakati dan itu merupakan langkah besar ke depan. Kita semua telah menunjukkan bahwa kita adalah pemimpin yang bertanggung jawab. Kami telah menunjukkan solidaritas dan persatuan, Tujuan lebih dari keuntungan, Kami telah mencapai ini hari ini.

"Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Alejandro Domínguez dan CONMEBOL, yang telah setuju untuk memindahkan Copa America 2020 dari CONMEBOL untuk mengikuti rekomendasi yang dikeluarkan oleh organisasi kesehatan masyarakat internasional untuk memberlakukan langkah-langkah ekstrem dan sebagai akibat dari EURO 2020 ditunda. Ini berarti bahwa klub dan liga di Eropa akan memiliki gangguan sesedikit mungkin dalam ketersediaan pemain mereka Upaya bersama ini dan terutama keputusan yang terkoordinasi dan bertanggung jawab ini, sangat dihargai oleh seluruh komunitas sepakbola Eropa.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada FIFA dan Presidennya, Gianni Infantino, yang telah mengindikasikan akan melakukan apa pun yang diperlukan untuk membuat kalender baru ini bekerja. Dalam menghadapi krisis ini, sepakbola telah menunjukkan sisi terbaiknya dengan keterbukaan, solidaritas dan toleransi." kata Aleksander ?eferin yang dikutip dari situs resmi UEFA rabu (18/3/2020).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00