• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sorotan Kampus

Ternyata Laboratoirum Biomedik Unand Bisa Periksa Sampel Suspect Corona

17 March
14:26 2020

KBRN, Padang : Laboratorium biomedik Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Andalas (Unand) Padang bisa melakukan uji sampel pasien dengan ciri-ciri mengarah ke Corona Virus Disease 2019 atau disingkat COVID-19. Bahkan hasilnya pun bisa diketahui dalam waktu 24 jam. 

“Hasil pemeriksaan pasien terduga bisa segera diketahui di sini (Unand), tanpa harus menunggu hasil dari Jakarta,” ucap Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Nasrul Abit, ketika memimpin rapat kesiapsiagaan antisipasi penyebaran virus Corona di Rumah Sakit Unand Padang, Selasa (17/3/2020).

Nasrul Abit mengungkapkan, saat ini pemeriksaan sampel belum bisa dilakukan secara cepat karena masih harus terpusat di Litbang Kementerian Kesehatan.

Setidaknya hasil itu baru bisa diketahui dalam waktu lima hari. Kondisi inilah yang sering memicu kekhawatiran di masyarakat, ketika pasien suspect telah meninggal, namun hasil pemeriksaan laboratorium belum keluar alias belum ada.

“Tentu sangat diharapkan laboratorium di sini bisa segera beroperasi untuk menguji sampel pasien terduga Corona. Pengoperasian di laboratorium ini dapat memangkas waktu pemeriksaan lebih cepat. Saat ini izin untuk itu masih dalam proses. Besok rencananya ada agen dari Kemenkes yang dikirim untuk memastikan bisa segera beroperasi,” katanya.

Sementara itu, Rektor Unand Yuliandri mengatakan, Fakultas Kedokteran Unand tak hanya memiliki sarana dan fasilitas yang memadai, namun juga sumber daya manusia yang kompeten. Setidaknya, saat ini laboratorium di Unand bisa dijadikan tempat diagnosis awal Coronavirus.

“Penanggulangan penyebaran virus ini merupakan masalah kita bersama. Butuh kepedulian sosial, sehingga Unand merasa wajib melakukan ini. Apalagi kita memang memiliki alat dan SDM,” ujarnya.

00:00:00 / 00:00:00