• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Corona Bencana Nasional, Obyek Wisata Baturaden Banyumas Ada yang Buka

17 March
11:49 2020

KBRN, Banyumas : Sejumlah objek wisata di wilayah Batuarden Banyumas Jawa Tengah (Jateng), masih menerima kunjungan wisatawan.

Pelaku wisata di Baturaden Prayit  Selasa ( 17/3/2020) mengatakan ada tiga tempat wisata yang sudah tutup yakni Lokawisata Baturaden yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten, Hutan Pinus yang dikelola oleh masyarakat desa dan satu objek wisata keluarga di Banjarsari. 

Namun lima objek wisata lainya yang dikelola swasta, dan tujuh objek wisata yang dikelola desa di sekitar Baturaden hingga Selasa ini masih dibuka dan menerima wisatawan. 

Hal ini terjadi akibat sudah melakukan kerjasama dengan sejumlah pihak, termasuk biro perjalanan yang jauh- jauh hari membawa wisatawan ke sejumlah objek wisata, di Baturaden dan sekitarnya. 

Namun demikian, pelaku wisata di Baturaden menurut Prayit, terus memantau dan berkomunikasi dengan pelaku wisata lainya di luar Banyumas.

Jika dirasa harus tutup, akan dilakukan penutupan sementara, sesuai dengan instruksi Bupati Banyumas. 

Selain itu, sejak merebaknya virus corona termasuk wisatawan menurun drastis hingga 70 persen. Seperti biasanya pada akhir pekan, pengunjung di objek wisata yang dikelola oleh swasta bisa mencapai 2000 an wisatawan.

Namun pada akhir pekan kemarin jumlah pengunjung hanya berkisar 500- 600 wisatawan. 

"Kita masih memantau sesuai anjuran dari Pemerintah, kita juga pantau kedatangan wisatawan. Kita juga menyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer, guna mencegah penyebaran virus corona," kata Prayit. 

Sebelumnya Bupati Banyumas Achmad Husain meminta kepada pengelola wisata, untuk menutup sementara objek wisata yang dikelola. Untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Kepada pengelola wisata kita minta, untuk menutup sementara selama 14 hari. Kesadaran sendiri kami yang harapkan, tapi kalau mereka menolak kami akan memberi surat secara resmi," kata Bupati Banyumas. 

Kawasan Baturaden dan sekitarnya, banyak terdapat tempat wisata yang menjual panorama pegunungan, maupun wisata buatan. Hal ini menjadi daya tarik utama ribuan wisatawan untuk datang ke Banyumas setiap bulannya.

00:00:00 / 00:00:00