• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Kasus Kebakaran Lahan di Aceh Meningkat, 4 Lokasi Terbakar Dalam Sehari

28 February
02:06 2020
0 Votes (0)

KBRN, Banda Aceh : Kasus kebakaran lahan di Aceh meningkat seiring cuaca yang sedang mengalami musim kemarau. Rata-rata lokasi yang terbakar adalah lahan kering atau lahan perkebunan. 

Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) mencatat, setidaknya dalam sehari ada empat kasus kebakaran lahan terjadi di kabupaten berbeda. 

Di Kota Langsa, kebakaran lahan terjadi di desa Simpang Wie, Kecamatan Langsa Timur, Kota Langsa, Aceh pada Kamis (26/2/2020) pukul 14.05 WIB yang menghanguskan sekitar dua hektar lahan. 

Kepala BPBA Sunawardi mengatakan, selain di Kota Langsa, kebakaran lahan juga terjadi di Kabupaten Aceh Tenggara tepatnya di Desa Gulo Jaya, Kecamatan Darul Hasanah. Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan petugas sementara luas kebakaran masih dalam pendataan. 

Kemudian di Kabupaten Aceh Selatan tepatnya di Desa Ie Jeureneh, Kecamatan Trumon Tengah api juga menghanguskan  lahan yang berada di pinggir jalan lintas. Peristiwa itu terjadi pada hari yang sama sekitar pukul 15.30 WIB. 

"Api muncul akibat adanya pembakaran sampah yang berada tepat di pinggir jalan dan menyebabkan api menjalar membakar seluas satu hektar hutan produksi tersebut," ujar Sunawardi. 

Kemudian di Kabupaten Aceh Jaya juga dilaporkan kebakaran lahan terjadi di Desa Kuala Ligan, Kecamatan Sampoiniet pada pukul 15.00 WIB. 

Petugas pemadam kebakaran mengalami kendala sehingga pemadaman dilakukan secara manual karena tidak adanya akses mobil pemadam dan hanya mengerahkan mesin pompa air. Untuk mengantisipasi, tim damkar mengerahkan satu unit damkar Pos Lhok Kruet serta turut dibantu TNI/polri dan unsur relawan PB lainnya.

Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak berwajib. Sementara luas lahan yang terbakar mencapai 0,5 hektar. 

"Semua kejadian kebakaran sudah dapat dipadamkan oleh petugas," kata Sunawardi. 

00:00:00 / 00:00:00