• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Tabung Gas Meledak, Satu Rumah dan Bangunan yang Menampung 6.000 Ayam di Langsa Ludes Terbakar

28 February
01:41 2020

KBRN, Langsa : Musibah kebakaran terjadi di di Desa Dusun Teupin Bugeng, Gampong Alue Beurawe, Kecamatan Langsa Kota, Kota Langsa, Aceh pada Kamis (27/2/2020) petang. 

Peristiwa kebakaran itu terjadi pada pukul 17.15 WIB. Petugas pemadam kebakaran langsung mendatangi lokasi kejadian dan berjibaku melakukan pemadaman api. 

Api dengan cepat membakar bangunan rumah dan merambat ke bangunan yang berada di sampingnya yaitu sebuah bangunan kandang ayam yang terbuat dari kayu. Bangunan tersebut menampung sekitar 6.000 ekor ayam potong. 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Sunawardi mengatakan, berdasarkan laporan Pusdalops BPBD Kota Langsa, penyebab kebakaran yang terjadi di rumah milik Ramli (58) itu karena korsleting listrik, sehingga menyebabkan terbakar tabung gas dan memicu ledakan. 

"Kronologi terjadinya kebakaran api berasal dari arus pendek korsleting listrik sehingga api menyambar kompor gas dan meledak, mengakibatkan kebakaran rumah," terangnya. 

"Lalu api merembes ke kandang ayam yang berdekatan dengan rumah dan tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini," tambah Sunawardi. 

Dari laporan yang diterima oleh Pusdalos BPBA menyebut bahwa Petugas BPBD melakukan pemadaman api hingga tuntas dengan mengerahkan 5 armada (3 armada pemadam dan 2 armada tangki suplai air) ke lokasi kejadian.

"Api baru dapat dipadamkan pada pukul 18.25 WIB," ujarnya. 

Sementara petugas mendata dampak kerugian material dari kejadian ini yaitu satu unit rumah konstruksi kayu atap nipah terbakar habis, kemudian kandang ayam dengan luas 9x80 m, yang menampung 6000 ekor ayam. Kerugian ditaksir mencapai Rp 200 juta. 

 Sementara itu, kasus kebakaran juga dilaporkan terjadi di Kabupaten Bireun, Aceh pada Kamis (27/2/2020) pukul 17.00 WIB. Kali ini kebakaran menghanguskan rumah Rosmani (50) warga Desa Cot Greundong, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen. 

Tiga unit armada pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi kejadian. Api berhasil dipadamkan beberapa jam kemudian. 

Menurut laporan petugas pemadam, kebakaran disebabkan karena korsleting listrik sehingga api membesar di bagian dapur. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, kerugian ditaksir Rp 10 juta. 

00:00:00 / 00:00:00