• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

BPBD Aceh Besar Musnahkan Sarang Tawon di Montasik

28 February
01:29 2020
0 Votes (0)

KBRN, Kota Jantho : Satu tim dari Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Aceh Besar, Kamis (26/2/2020) malam berhasil memusnahkan satu buah sarang tawon di halaman rumah milik Rizal (43), di Gampong Weu Krueng, Kecamatan Montasik.

Informasi yang diterima RRI dari Operator Pusdalops PB Aceh Besar, Rifaldy Achmad Mahendra menyebutkan, pemusnahan sarang tawon itu berawal dari petugas piket pemadam BPBD Aceh Besar Pos Sibreh yang menerima aduan atau informasi dari warga masyarakat tentang adanya sarang tawon yang berada di dekat rumah salah satu warga desa setempat.

“Keberadaan sarang tawon tersebut sudah sangat meresahkan Rizal dan warga masyarakat di sekitar lokasi tawon bersarang,” ungkapnya kepada RRI, Kamis (26/2/2020).

Rifaldy didampingi Maswani dan Iqbal juga menjelaskan, sementara tawon tersebut membuat sarangnya di dahan pohon nangka yang persis berada di halaman rumah pelapor. Bahkan, menurut keterangan Rizal, tawon yang bersarang di halaman rumahnya sudah pernah menyengat ibunya.

“Setelah menerima informasi, petugas piket pemadam BPBD Aceh Besar pos Sibreh langsung bergerak ke lokasi kejadian untuk melakukan pengecekan dan memantau teknik cara untuk evakuasi dengan aman, agar tidak menimbulkan terjadi korban sengatan tawon saat sarang  dievakuasi,” tuturnya.

Menurut Rifaldy, setelah melihat kondisi di lapangan, maka petugas mengambil keputusan untuk melakukan pemusnahan sarang tawon tersebut pada malam hari agar tidak ada korban sengatan tawon dari masyarakat, karena posisi sarang tawon berada di tengah tengah permukiman warga masyarakat setempat.

Setelah menunggu hingga malam hari, baru petugas melakukan pemusnahan dengan cara membakar sarang tawon dan penanganan tersebut baru selesai pada pukul 21.15 Wib.

”Dalam proses tersebut tidak ada korban yang menjadi korban sengatan taw on pada saat pemusnahan dikarenakan tindakan dan upaya yang dilakukan pada malam hari,” pungkas Iqbal.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00