• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

10 Kecamatan di Bener Meriah Rawan Terjadi Karhutla

27 February
20:21 2020
0 Votes (0)

KBRN, Redelong: Kebakaran lahan dan hutan di wilayah tengah Aceh, khususnya di Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah mulai terjadi memasuki awal Februari 2020, seiring dengan mulai kemarau di daerah tersebut.

Untuk Aceh Tengah saja, data yang dihimpun, telah terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah) di 5 Kecamatan. Sedangkan di Kabupaten Bener Meriah mulai terjadi Karhutlah di Kecamatan Wih Pesam.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bener Meriah Abdul Kadir menyampaikan bahwa semua elemen masyarakat di Bener Merah perlu mewaspadai kebakaran lahan dan hutan.

Untuk Kabupaten pemekaran dari Aceh Tengah itu, ada 10 Kecamatan yang perlu di antisipasi agar tidak terjadi Karhutla.

“Iya, pokoknya yang berpinus itu rawan kebakaran. Kalau di Kecamatan Pintu Rime Gayo itu dekat jalan, kalau di Kecamatan Bukit ini ya seputaran pinus itu di Pante Raya, kalau di Lampahan juga di Mesidah dan Samar Kilang,” ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bener Meriah Abdul Kadir, di release, Kamis (27/2/2020).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bener Meriah Abdul Kadir menyebut bahwa tahun 2020, Karhutla baru terjadi sekali di Kecamatan Wih Pesam, dengan menghanguskan lahan seluas 6 hektar. Untuk antisipasi Karhutlah selanjutnya, masyarakat diminta untuk tidak melakukan pembakaran lahan dan hutan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00