• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Pemerintah Akan Segera Evakuasi WNI dari Kapal Diamond Princess Jika Ada Izin dari Jepang

27 February
20:16 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Pemerintah memutuskan akan mengevakuasi WNI yang ada di kapal pesiar Diamond Princess dalam waktu dekat. Menteri Kesehatan terawan Agus Putranto dalam keterangan pers di kawasan Istana pada Kamis (27/2/2020) mengatakan, bahwa proses evakuasi akan segera diinisiasi jika sudah ada izin dari pemerintah Jepang, untuk mendaratkan pesawat. 

"Paling sehari dua hari ini. Begitu sana (bandara Jepang) slot-nya dibuka, kita terbangkan. kalau sudah diterbangkan di sana ndak ada slot piye?" ujar Terawan.

Selain itu, Terawan juga mengatakan, proses evakuasi nanti akan menggunakan pesawat berbadan lebar (wide body). Hal itu dikarenakan agar penerbangan dapat langsung satu tujuan, tanpa harus melakukan transit isi bahan bakar terlebih dahulu. 

"Nah sekarang tinggal jadwal pesawatnya, sudah disiapkan untuk mulai bisa terbang ke Jepang pakai wide body. Supaya bisa langsung terbang dimana nanti yang ditentukan. Tidak usah pakai transit-transit," jelas Terawan menambahkan. 

Rencananya, setibanya mereka di tanah Air, mereka akan langsung menjalani masa observasi di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu. 

"Ya kemungkinan Sebaru lagi," ujar Menkes. 

Adapun untuk sembilan WNI yang tengah menjalani masa perawatan di Jepang, Menkes menjelaskan bahwa mereka akan terus menjalani perawatan hingga tuntas, sembuh dari sakit. Hal itu sesuai dengan standar protokoler kesehatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). (PR/Foto:BPMI)

00:00:00 / 00:00:00