• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Masyarakat Diminta Sukseskan Sensus Penduduk Tahun 2020

27 February
19:42 2020

KBRN, Redelong : Badan Pusat Statistik (BPS) kabupaten Bener Meriah menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) sensus penduduk 2020 di aula setdakab setempat, Kamis (22/2/2020).

Kepala BPS Bener Meriah Ir. Maimun dalam laporannya menyampaikan kegiatan tersebut bertujuan untuk menambah pengetahuan berbagai pihak tentang pelaksanaan sensus penduduk yang nantinya dapat disampaikan kepada masyarakat luas.

Sensus penduduk Tahun 2020 jelasnya berbeda dengan sensus sebelumnya, pada tahun ini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu  secara online dan manual. Untuk sesnsus online dilaksanakan pada 15 Februari - 31 Maret 2020. Sedangkan manual dilaksankan pada 1 – 31 Juli 2020.

“Untuk Kabupaten Bener Meriah, BPS sudah melakukan sosialisasi sensus penduduk Tahun 2020 sejak Januari, kita juga sudah melakukan koordinasi tingkat kecamatan,” terang Maimun.

Sementara itu Bupati Bener Meriah dalam arahannya yang disampaikan oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Abdul Muis menyebut sensus penduduk 2020 merupakan kegiatan yang penting untuk dilakukan, mengingat data sensus akan menjadi dasar penetapan program pembangunan mulai dari pendidikan, pangan, sosial, kesehatan maupun kependudukan.

“Untuk itu, kami berpesan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bener Meriah untuk mensukseskan pelaksanaan sensus penduduk tahun 2020, karena sensus penduduk yang sekarang ini bisa dilakukan masyarakat itu sendiri melalui sistem online," pesannya.

Selanjutnya kata Abdul Muis pihaknya optimis sensus penduduk 2020 di Kabupaten tersebut akan berjalan dengan baik, lancar dan sukses. Masyarakat akan menjadi pelaku utama pencatatan sipil kependudukan di Indonesia.

Sensus penduduk 2020 ini, terangnya bukan hanya untuk mengetahui  jumlah penduduk, akan  tetapi data kependudukan secara keseluruhan.

“Jadi bagi peserta yang hadir pada rakor hari ini kami harapkan dapat menjelaskan kepada Masyarakat sekitar dan memberikan pengaruh serta penjelasan tentang sensus penduduk,” pinta Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Bener Meriah itu.

00:00:00 / 00:00:00