• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada 2020

KPU Kota Bukittinggi Nyatakan Berkas Syarat Dukungan Tiga Bacalon Perseorangan Penuhi Syarat

27 February
19:25 2020
0 Votes (0)

KBRN, Bukittinggi : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bukittinggi Yasrul baru saja melaksanakan pengecekan dan sebaran dukungan Bakal Calon (Balon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang maju melalui jalur perseorangan.

Pada pemilihan serentak tahun ini ada tiga Balon yang maju melalui jalur perseorangan, dan saat berbincang dengan PLT Ketua KPU Kota Bukittinggi Yasrul untuk mengkonfirmasi informasi terbaru, kami dilayani dengan baik di ruang kerjanya, dengan canda gurau terasa suasana yang nyaman, hingga waktu berlalu kami pun menyelesaikan tugas liputan di kantor ini.

Berdasarkan informasi yang diterima Komisi Pemilihan Umum Bukittinggi, baru saja diselesaikan proses pengecekan dan mendata sebaran dari berkas dukungan yang telah diserahkan diserahkan tiga pasangan Bakal Calon (Balon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang maju melalui jalur perseorangan.

PLT Ketua KPU Kota Bukittinggi, Yasrul, Kamis, (27/2/2020), menyebutkan, berkas dukungan dai ketiga Balon Wali Kota dan Wakil Wali Kota tersebut sudah memenuhi ketentuan, setelah dihitung jumlah dan sebarannya.

“Dalam jangka waktu 19 hingga 23 Februari 2020, ada tiga pasangan Balon Kepala Daerah yang menyerahkan syarat dukungan, yakni pasangan Ramlan Nurmatias-Syahrizal yang menyerahkan berkas dukungan pada 19 Februari, kedua pasangan M.Fadhly-Yon Afrizal, dan yang ketiga pasangan Martias Tanjung-Taufik, yang sama-sama menyerahkan syarat dukungan pada 23 Februari,” jelasnya.

Menurut Yasrul, berdasarkan persyaratan berkas dukungan yang diminta, dari ketiga Balon Kepala Daerah itu seluruhnya diterima, karena sudah memenuhi syarat minimal, yakni 10 persen berkas dukungan dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari Pemilu sebelumnya atau 8.145.

“Pasangan Ramlan-Syahrizal menyerahkan berkas dukungan sebanyak 21.975, jumlah yang memenuhi syarat menurut pengecekan dan sebaran yang dihitung KPU adalah 21.899. berikutnya pasangan M. Fadhly-Yon Afrizal yang menyerahkan berkas dukungan sebanyak 9.439, yang dinyatakan diterima sebanyak 8.997. Sedangkan pasangan Martias Tanjung-Taufik berkas dukungan yang diterima KPU sebanyak 9.827 dan yang diterima hanya 8.249,” terangnya.

Yasrul menambahkan, ketiga Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota ini telah menerima tanda terima dari KPU Kota Bukittinggi, selanjutnya pada 27 Februari hingga 25 Maret 2020 dilanjutkan dengan verifikasi administrasi dan kegandaan dokumen dukungan.

“Pada 26 Maret hingga 15 April 2020 dilakukan tahapan verifikasi faktual di tingkat Kelurahan. Sedangkan pendaftaran pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bukittinggi baik yang maju melalui jalur perorangan maupun dari partai politik, akan dilaksanakan pada tanggal 16 hingga 18 Juni 2020,” tukasnya. 


00:00:00 / 00:00:00