• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Dua Siklon Tropis, Ferdinand dan Esther Terpantau Menjauhi Indonesia

27 February
18:02 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) membaca, Siklon Tropis Ferdinand dan Siklon Tropis Esther sebagai pemicu cuaca ekstrem di Jabodetabek terpantau sudah melemah.

"Siklon tropis tersebut posisinya berada di Samudera Hindia, sebelah Barat Australia. Pergerakannya menjauhi wilayah Indonesia. Kondisi saat ini diperkirakan dia akan melemah sampai awal Maret. Sekitar tanggal 1 akan melemah," jelas Kepala Bidang Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG, Harry Tirto Djatmiko, pada Pro3 RRI, Kamis (27/2/2020).

Untuk Siklon Tropis Esther kata Harry, juga terpantau menjauhi Indonesia.

"Saat ini Esther sudah melemah, dan posisinya yang terkini berada di Australia bagian utara, sekitar Darwin," ujarnya.

Sebelumnya, Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono R. Prabowo menjelaskan, hujan deras yang terjadi di daerah Jabodetabek pada Minggu hingga Senin lalu diakibatkan munculnya Siklon Tropis Ferdinand dan Siklon Tropis Esther.

"Ada kondisi pola tekanan rendah yang muncul di Selatan Indonesia, yang saat ini sudah menjadi Siklon Tropis Ferdinan yang ada di Barat Laut Australia. Dan yang satu lagi menjadi Siklon Tropis Ester di sebelah Utara Australia," jelas Mulyono. (Foto : Ant).

Baca juga : Waspada, BMKG : Potensi Hujan Masih Tinggi Selama 3 Hari ke Depan

00:00:00 / 00:00:00