• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Cabor

Liberec Open 2020 Babak 6, Novendra Masih di Puncak Klasemen

27 February
10:44 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Pecatur Indonesia IM Novendra Priasmoro kembali membuka asa raihan gelar GM-nya usai  meraih kemenangan pada babak enam Turnamen Catur Liberec Open 2020 di Liberec, Republik Ceko Rabu (26/2/2020)waktu setempat atau Kamis  dini hari tadi waktu Indonesia (27/2/2002).

Pecatur binaan PT United Tractors  Novendra Priasmoro yang menempati unggulan pertama babak enam mengalahkan pecatur tuan rumah Ceko Jiri Vitak (2199) pada langkah 64 melalui pertahanan sisilia variasi naga.   Sukses meraih full point sementara masih mengamankan posisi Novendra di puncak klasemen turnamen yang menggunakan sistem swiss 9 babak itu dengan torehan 6 angka kemenangan.

Membayangi Novendra diposisi dua dan tiga dengan selisih satu angka kemenangan ditempati pecatur Polandia IM Klaudia Kulon (2335) dan IM Akash G (2449)  dari India.

Kemenangan ini sangat penting bagi pecatur asal DKI Jakarta tersebut dengan menambah 1,5 point yang membuat deposit total pointnya menjadi 8,5 sekaligus membuat posisinya diatas angin atau ceki!.   Karena jika  pada babak 7 Novendra bisa memenangkan pertandingan saat jumpa pecatur putri Polandia Klaudia Kulon, dirinya akan menyedot rating lawannya sebesar 2 koma 9 point. Itu berarti mencukupi kebutuhan 11 poin untuk mencapai rating GM 2500!.

“Kondisi ceki untuk ketiga kalinya ini semoga tidak menggoyahkan mental tanding Novendra seperti terjadi pada dua ceki sebelumnya saat berlaga pada turnamen di Ceko lainnya yakni  Praha Festival. Sebab kalau remis rating nya akan berkurang 2,1 poin dan jika kalah minus 7,1 poin,” jelas Kabid Binpres PB. Percasi Kristianus Liem dari Liberec kepada RRI.

Menurut Kristianus yang mendampingi dua pecatur Indonesia Novendra dan CM Aditya Bagus Arfan dalam rangkaian Tour ke Republik Ceko, Novendra diharapkan bisa tampil safe mengaca dari perjalanan sebelumnya di Praha, dan dia harus bisa memperbaiki diri. “Untuk partai jumpa Kulon sudah pasti sang pelatih asal Belarusia GM Andrei Kovalev akan menyiapkan strategi bagi anak asuhnya, kami membutuhkan doa dan dukungan dari masyarakat Indonesia bagi Novendra guna mewujudkan gelar GM-nya,  tambah Kristianus Liem.

Sedangkan pecatur muda Indonesia CM Aditya Bagus Arfan (2285) pada babak enam harus puas bermain remis dengan pecatur tuan rumah Ceko lainnya Premysl Belaska (2212).  Tambahan 0,5 point ini sementara menempatkan Adit diurutan 7 klasemen turnamen yang diikuti 88 pecatur dari 13 negara tersebut dengan mengumpulkan 4 setengah angka kemenangan.  Namun dibabak 7 Adit harus bertemu dengan unggulan kedua yang juga juara Praha Chess Festival 2020 IM Akash G dari India.

“Jumpa Akash yang diatas kertas lebih diunggulkan kita juga berharap Adit bisa meraih kemenangan atau minimal mampu menahan remis, guna mempertahankan posisi belum terkalahkan pada turnamen Liberec Open ini,“ tutup Kris.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00