• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Gubernur Khofifah Minta PKK dan Dharmawanita Aktif Sosialisasi Cegah Kanker

26 February
20:26 2020

KBRN, Surabaya : Jawa Timur masih dihadapkan dengan tingginya angka kanker leher rahim atau serviks, dan kanker payudara. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, menaruh perhatian serius terhadap dua penyakit ini.

"Karena memang problem untuk breast cancer dan serviks itu masih cukup tinggi," ujarnya, disela peringatan Hari Kanker di Surabaya, Rabu (26/2/2020).

Dua kanker ini, kata Khofifah merupakan penyakit yang hanya menyerang perempuan. Untuk itu, Gubernur perempuan pertama di Jatim ini, mengajak PKK dan Dharma Wanita untuk berperan aktif.

"Nah kalau breast cancer dan serviks ini kan ya hanya kepada perempuan, itu maka menjadi penting peran dari PKK dan peran Dharma Wanita," imbuhnya.

Masing masing organisasi perempuan ini, dapat mensosialisasikan upaya pencegahan terjadinya dua kanker ini. Bagaimana PKK dengan Posyandunya, dan Dharma Wanita dengan Dasawismanya.

"Sekarang PKK-nya sudah harus mengkomunikasikan tentang breast cancer dan serviks ini, terutama sampai Posyandu kalau bisa Dasawisma, sehingga langkah langkah preventif bisa dilakukan secara lebih komprehensif," terangnya.

Sementara itu, Berdasarkan data yang dikeluarkan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, pada tahun 2019 lalu, angka penderita kanker serviks mencapai 13.078 kasus, sedangkan kanker payudara mencapai 12.186 kasus.

00:00:00 / 00:00:00