• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sorotan Kampus

Udinus Raih Predikat Kampus Pelopor Keselamatan Berlalulintas

26 February
17:27 2020
0 Votes (0)

KBRN, Semarang : Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang bekerja sama dengan Polda Jateng, Ditlantas Polda Jateng, dan Jasa Raharja menggelar acara Police Goes To Campus, yang diselenggarakan di Aula Gedung E lantai 3 dan lapangan parkir Mangga Dua Udinus, Rabu (26/2). Dalam kegiatan tersebut Udinus dinobatkan sebagai Kampus Pelopor Keselamatan (Kapeka) Berlalu Lintas. 

Program Police Goes To Campus merupakan wujud komitmen Polri dalam membangun kesadaran tertib berkendara kepada masyarakat usia muda/produktif. 

 Dalam kegiatan yang mengangkat tema ‘Mahasiswa yang tertib berlalu lintas guna menekan pelanggaran lalu lintas menuju zero accident’ tersebut juga digelar pelayanan khusus untuk perpanjangan Surat Ijin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK),  Selain itu, terdapat juga transfer ilmu terkait safety riding kepada mahasiswa hingga pelajar.  

Udinus sendiri telah menghimbau sivitas akademika untuk terus mengutamakan keselematan dalam berkendara, terlebih terdapat puluhan ribu mahasiswa Udinus yang menggunakan kendaraan bermotor setiap harinya. Diantaranya dengan dibentuknya Dinus Motor Club (Dimoc) dan komunitas safety riding oleh Fakultas Kesehatan (DKV) Udinus yang diberi nama GreSH (Green Safety and Health Community).  

Selain itu dosen Desain Komunikasi Visual (DKV) Udinus Godham Eko Saputro juga telah menciptakan game edukasi berkendara yang dapat dimainkan di ponsel.  

Karena usaha-usaha positif yang dilakukan inilah Udinus berhak menerima penghargaan sebagai Kampus Pelopor Keselamatan (Kapeka) Berlalu Lintas.  

“Kami siap menjadi kampus pelopor keselamatan dalam berkendara. Kegiatan ini baik agar mahasiswa dan pelajar teredukasi terkait berkendara yang baik,” tegas Rektor Udinus Prof Dr Ir Edi Noersasongko, M.Kom, disela kegiatan tersebut. 

“Dari Udinus yang pertama mengucapkan terimakasih dan acungan jempol kepada Dirlantas Polda Jateng. Utamanya program Police Goes to Campus ini sangat luar biasa,” imbuhnya. 

Dengan mendekati mahasiswa yang ada, kemudian memberikan pemaparan dalam bentuk hal yang positip dan mengingatkan akan bahayanya kecelakaan lalulintas, Prof Edi berharap, semua masyarakat yang diwakili para mahasiswa Daian Nuswantoro akan tersentuh hatinya sehingga akan berhati-hati dalam berlalulintas. 

“Insya Allah dengan kerja keras ini, kecelakaan lalulintas akan bisa ditekan, sehingga Jawa Tenangah tidak menjadi juara lagi dalam jumlah kecelakaan, paling tidak akan menjadi nomor buncit untuk urutan nasional,” pungkasnya.  

Sementara, Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Subandriya, SH, MH kepada wartawan mengungkapkan, bahwa kegiatan Police Goes to Campus di udinus ini merupakan yang pertama kali digelar Polda Jateng, dan akan ditindask lanjuti ke Universitas yang lain. 

“Kegiatan Police Goes to Campus ini kami gelar untuk pertama kali di Udinus, tapi tidak menutup kemungkinan nantinya kami juga akan berkunjunjung ke Universitas lainnya yang notabene akan kami konsep kampus menjadi pelopor tertib laluintas. Karena inilah aset-aset pemuda-pemudi kita kedepan supaya tidak menjjadi korban-korban lantas yang sia-sia,” tegasnya. 

Kegiatan Police Goes to Campus di Udinus tersebut diikuti ratusan mahasiswa Udinus dan pelajar.  

Piagam Udinus sebagai kampus pelopor keselamatan berlalu lintas diserahkan oleh Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Subandriya, SH, MH kepada Rektor Udinus Prof Dr Ir Edi Noersasongko, M.Kom.  

Selain penyerahan piagam, juga digelar seminar yang diisi pembekalan keselamatan berkendara dengan pembicara dari Udinus, Jasa Raharja, psikolog, dan pakar transportasi. Berbagai institusi menghadiri acara Police Goes To Campus ini, diantaranya Dinas Perhubungan dan Dinas Pendidikan Kota Semarang. (don). 

00:00:00 / 00:00:00