• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

10 Titik Panas Terdeteksi di Aceh, Waspada Karhutla!

26 February
16:49 2020
0 Votes (0)

KBRN, Banda Aceh : Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Blang Bintang Banda Aceh, mendeteksi 10 titik panas di Provinsi Aceh. 10 titik panas itu terpantau berada di sejumlah kabupaten kota. 

Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Blang Bintang Banda Aceh Zakaria Ahmad mengatakan, 10 titik panas itu terdeteksi sejak Selasa  kemarin. 

"Berdasarkan citra satelit terra aqua NPP Suomi terdeteksi 10 titik panas di Aceh. 10 titik panas itu dominan berada di wilayah barat dan selatan Aceh," kata Zakaria, Rabu (26/2/2020).

Menurut Zakaria, titik panas yang muncul itu dengan tingkat kepercayaan dari 54-78 persen. 

Adapun wilayah yang muncul titik panas yaitu di Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar satu titik, di Kecamatan Panga dan Jaya Kabupaten Aceh Jaya masing-masing satu titik. Kemudian di Kecamatan Kluet Utara, Kabupaten Aceh Selatan dua titik. 

Di Kecamatan Danau Paris Kabupaten Aceh Singkil satu titik, di Kecamatan Lawe Alas, Kabupaten Aceh Tenggara muncul dua titik dan di Kecamatan Simpang Jernih Kabupaten Aceh Timur. 

Oleh sebab itu, BMKG mengingatkan kepada masyarakat agar mewaspadai bencana kebakaran hutan, lahan dan pemukiman, karena tingkat kebakaran sangat mudah terjadi apalagi saat ini sebagian wilayah di Aceh masih dilanda musim kemarau. 

Zakaria menyebutkan, berdasarkan update yang dilakukan pada hari ini terhadap pemantauan titik panas di Aceh nihil. 

"Pantauan titikitik panas provinsi Aceh  25 Februari 2020 pukul 07.00 WIB sampai dengan 26 Februari 2020 pukul 06.00 WIB, secara akumulasi tidak terdapat titik panas di Provinsi Aceh," pungkas Zakaria. 

00:00:00 / 00:00:00